Home » » Usaha Toko & Bengkel Motor

Usaha Toko & Bengkel Motor

Jumlah sepeda motor tumbuh luar biasa, sehingga banyak membuka peluang bisnis. Usaha bengkel motor, toko jual spare part/aksesoris/mur baut, sales kelilingan, cuci motor, usaha bengkel one stop service (terpadu) sangat menguntungkan!

1. USAHA BENGKEL MOTOR & TOKO SPARE PART, VARIASI, MUR BAUT 
Bagi bpk/ibu/sdr yang masih pemula sangat beresiko apabila mencoba untuk mempersiapkan sendiri usaha bengkel motor & toko spare part. Resikonya cukup besar dan salah-salah usahanya malah bisa gagal. 
Pertanyaan yang perlu dijawab adalah : 
- Bagaimana cara memilih lokasi yang strategis ? 
- Bagaimana cara memilih barang yg cepat laku ? 
- Perlengkapan apa saja yg perlu dipersiapkan ? 
- Bagaimana cara mudah mengenali barang yg sangat   
banyak ? 
- Bagaimana cara menata barang yg menarik dan sistematis sehingga mudah ditemukan ? 
- Bagaimana cara penentuan harga jual yang bersaing ? 
- Bagaimana cara administrasi barang dan keuangan ? 
- Bagaimana manajemen SDM (mekanik, staf toko, salesman) 
- Bagaimana cara promosi yang murah tapi efektif

Sebagai pemula akan sangat sulit menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Oleh karena itu perlu ada pihak yang lebih berpengalaman yang mau memberikan bimbingan dari nol sampai siap beroperasi. Kami manajemen MURAH MOTOR sudah mempersiapkan paket-paket usaha yang sangat memudahkan para pemula untuk menjalankan usaha ini. Bpk/ibu/sdr tinggal siapkan tempat, etalase dan rak, lalu membeli paket usaha yang disesuaikan dengan modal yang tersedia dan ukuran tempatnya.

MODAL
Kami punya beberapa pilihan paket usaha yaitu : 
1. PAKET MINI Rp 30 juta 
2. PAKET STANDARD Rp 60 juta 
3. PAKET MAXI Rp 100 juta 
4. PAKET JUMBO Rp 150 juta

Semakin tinggi nilai paket maka semakin lengkap barang dan peralatan bengkelnya yang tentunya diikuti dengan semakin tinggi omset penjualan dan keuntungannya. 
Didalam paket tersebut sudah lengkap, kami pilihkan barang-barang yang cepat laku dengan harga bersaing bahkan bisa dijual ke bengkel-bengkel lain secara menguntungkan. Kami berikan perlengkapan bengkel yang diperlukan (misal : kompresor, peralatan mekanik, bike lift, instalasi, baju seragam, spanduk nama toko, dll.) dan yang penting kami akan berikan bimbingan manajemen secara total sampai usahanya siap jalan.

PRODUK 
Sebagai sebuah toko & bengkel, semakin lengkap barang akan semakin baik. Barang yang kami pilihkan sudah cukup lengkap meliputi semua kelas barang yang dibutuhkan konsumen (tidak hanya merek tertentu), terdiri dari aneka macam oli, ban luar, ban dalam, busi, aki, spare part orisinil/genuine (Honda, Yamaha, Suzuki), Aspira, Indoparts, sparepart biasa / imitasi / after market, mur baut, per-per, setelan rantai dan aneka variasi.

BIMBINGAN MANAJEMEN 
Bimbingan manajemen akan kami berikan di tempat mitra bersamaan pada saat kirim barang dan penataan, sehingga mitra bisa sekaligus mem-praktek-kan materi-materi yang diajarkan. Adapun materi-materinya meliputi : 
- Cara pemilihan barang yg cepat laku 
- Cara mudah mengenali barang 
- Cara penataan barang yg menarik dan sistematis 
- Cara penentuan harga jual yg bersaing 
- Administrasi barang dan keuangan (manual atau software) 
- Manajemen sumber daya manusia (mekanik, staf toko, salesman, dll.) 
- Promosi dan pemasaran yang efektif dan efisien 
- dan hal-hal lain yang diperlukan.

2. USAHA SALES KELILINGAN 
PRODUK 
Kalau bpk/ibu/sdr mau usaha kelilingan ke bengkel-bengkel lain, baik dijalankan sendiri atau melibatkan salesman, maka kunci sukses utamanya adalah pemilihan barang. Kriteria barang yang cocok untuk disaleskan adalah yang LAKU dan UNTUNGNYA TINGGI, sehingga setelah dikurangi dengan biaya operasional masih didapat keuntungan yang lumayan besar. 
Menurut pengalaman kami, barang-barang yang cocok untuk disaleskan adalah kelompok PERNIK BESI dan SPARE PART BIASA. Barang-barang tersebut kalau dijual ke bengkel-bengkel untungnya bisa mencapai 40%.

PAKET USAHA 
Kami manajemen MURAH MOTOR membantu bpk/ibu/sdr yang mau usaha kelilingan dengan cara: kami sudah siapkan paket-paket usaha. Didalam paket tersebut sudah kami pilihkan barang-barang yang laku dan untungnya tinggi, dan kami juga berikan perlengkapan misalnya : karpet sampel, ransel ganda untuk membawa barang di jok belakang sepeda motor, serta kami akan berikan bimbingan manajemen sehingga usahanya siap jalan. 
Adapun pilihan paket usahanya adalah : 
1. PAKET Rp 2 juta (untuk kelilingan memakai sepeda motor) 
2. PAKET Rp 10 juta (untuk kelilingan memakai mobil)

BIMBINGAN MANAJEMEN 
Materi bimbingan manajemen usaha kelilingan / sales yang akan kami berikan antara lain : 
- Cara mudah mengenali barang 
- Cara menjual yang efektif 
- Sistem administrasi barang dan keuangan 
- Sistem bagi hasil apabila mitra merekrut Salesman 
- hal-hal lain yang diperlukan

WILAYAH PEMASARAN 
Setiap mitra akan diberi satu wilayah pemasaran yang meliputi satu kotamadya / kabupaten. Hal ini untuk menghindari perebutan pasar antar mitra. Dalam satu kota/kabupaten bisa digarap oleh 3 salesman yang pakai sepeda motor. Selama mitra masih aktif bekerjasama dengan kami, maka wilayah tersebut tidak akan kami berikan kepada pihak lain.

3. USAHA GABUNGAN 
Apabila mitra sudah menjalankan usaha Sales Kelilingan, sebaiknya juga merencanakan untuk membuka Toko & Bengkel, karena sayang apabila stok yang dipunyai hanya ditempatkan di rumah, lebih baik sekalian dipajang di toko dan dilengkapi dengan bengkel. 
Sebaliknya bagi mitra yang menjalankan usaha Toko & Bengkel, sebaiknya juga diikuti dengan usaha Kelilingan/Sales, karena hal ini jelas akan meningkatkan pendapatan. 
Demikian kami sampaikan, apabila ada hal-hal yang belum jelas, silahkan hubungi kami lewat telpon, SMS atau email. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih. Kami tunggu kabar baik selanjutnya.

Mari Sukses Bersama ! 
Muh.Isnaini_MURAHMOTOR 
Alamat Toko dan Gudang : Jl. Raya Ungaran Gunungpati Km 2 Kab. Semarang. 
Telpon : 081390014065 atau (024)76914682 
Email : murahmotor@yahoo.com 
Web : www.usahabengkelsparepartmotor.com 
_____________________________________________________

PELUANG USAHA SPARE PART DAN VARIASI MOTOR (part II)

Sepeda motor adalah alat tranportasi utama penduduk Indonesia, hal ini bisa dilihat dengan terus meningkatnya penjualan sepeda motor tingkat nasional berdasarkan data dari AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) yang dirilis tiap tahunnya dan menempatkan Indonesia sebagai negara terbesar ketiga pengguna sepeda motor di dunia setelah China dan India.

Jumlah sepeda motor di Indonesia pada tahun 2010 diprediksi sebanyak 60 juta unit lebih sepeda motor dengan penjualan sebanyak 6,7 juta unit sepanjang tahun 2010 dan terus meningkat tiap tahunnya. Hal ini tentunya diikuti dengan meningkatnya kebutuhan akan Spare Part dan Variasi serta jasa pendukung baik perawatan, perbaikan maupun pemasangannya sehingga memunculkan berbagai peluang usaha.

Dilihat dari sisi produk, peluang usaha pada bidang ini tidak mengenal rugi, karena produknya bukanlah barang yang bisa basi dan harganya cenderung naik. Usaha Bengkel dan Toko pada segmen retail atau eceran bisa mendapatkan keuntungan hingga 500%, sedangkan pada segmen Grosir untuk Agen maupun Usaha Sales/Kelilingan keuntungannya bisa mencapai 40%.

Spare part dan Variasi motor secara umum dibagi menjadi dua kategori: 
1. Genuine Part yaitu spare part motor yang merupakan rekomendasi dari vendor sepeda motor dengan Label Merk Genuine Part seperti Honda Genuine Part, Yamaha Genuine Part, Suzuki Genuine Part dan lain sebagainya.

2. After Market adalah semua merk Spare part diluar dari produk Genuine part seperti merk GP-1, Indopart, Aspira, Federal dan lain sebagainya.

Perlu digarisbawahi kemungkinan ada beberapa persamaan dari sisi produk diantara kedua jenis di atas bahwa ada beberapa Spare Part After Market yang diproduksi oleh Vendor atau pabrik yang sama dengan Genuine Part seperti contoh Gir Paket KMC adalah spare part after market produksi pabrik KMC yang juga vendor atau pabrik untuk Gir Paket Suzuki Genuine Part dan Kawasaki Genuine Part. Yang membedakan ketiganya hanya dari sisi kemasan dan tentunya harga jual yang jauh lebih mahal pada merk Genuine Part padahal produk, material dan standarisasinya sama dengan merk KMC.

Dari kedua jenis spare part diatas harus digaris bawahi bahwa pada jenis Genuine part, keuntungan didapat maksimal 10% pada segmen grosir dan 25% pada segmen retail, hal ini jauh berbeda bila kita menjual produk After Market seperti GP-1 dan KMC maka keuntungan didapat bisa mencapai 40% pada segmen grosir dan 500% pada segmen retail. 
Peluang usaha Spare part & Variasi motor sangat menjanjikan. Beberapa faktor mengapa usaha ini banyak dipilih adalah sebagai berikut : 
* Jumlah Sepeda Motor yang sangat banyak dan merata di setiap wilayah Indonesia dengan penjualan unit yang terus meningkat. 
* Harga eceran spart part dan Variasi motor adalah Blind Market (tidak banyak diketahui pembeli eceran) artinya pemilik Toko atau Bengkel dapat menjual harga berapapun yang diinginkannya kepada pembeli eceran. 
* Margin Laba yang didapatkan sangat besar karena faktor Blind Market tadi, biasanya berkisar antara 50% hingga 500% lebih untuk produk aftermarket, terkecuali untuk Genuine parts, Pelumas atau Oli dan Ban Luar berkisar antara 7% hingga 25%. 
* Limbah yang dihasilkan memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan banyak dicari pengepul seperti Kampas rem, oli bekas, botol oli serta limbah dari bahan logam dan babet. 
* Spare part motor bukanlah barang yang bisa basi, tetapi ia akan selalu dibutuhkan sebagai contoh spare part motor lawas seperti Hoda Prima, Grand, Suzuki RC, Tornado dan Yamaha F1 masih tetap laku dan dicari. 
* Managemen sangat sederhana dan mudah dijalankan.

Dilihat dari segi penjualannya maka Bisnis Spare Part dan Variasi Motor terbagi menjadi 3 jenis yaitu; 
1. Toko : Penjualan barang di tempat 
2. Bengkel : Penjualan barang dan jasa (perbaikan, perawatan) 
3. Kanvaser : Penjualan barang ke Toko dan bengkel secara keliling

Dari ketiga jenis di atas ada yang dalam prakteknya merupakan kombinasi dari ketiganya seperti ada Toko yang juga memiliki Bengkel serta ada juga Toko yang melakukan penjualan kanvaser ke bengkel atau toko lain. Jadi pada prinsipnya yang membedakan dari Toko, kanvaser dan bengkel adalah hanya dari sisi penjualan jasa dan luasnya pemasaran. 
Bila anda akan membuka Bengkel tentunya harus dipahami bahwa akan ada biaya lebih yang dianggarkan untuk pembelian Tool kit dan perlengkapan bengkel yang berkisar mulai dari 5 juta hingga 30 juta rupiah lebih tergantung jenis jasa apa saja yang dijual.

Berikut ini adalah komposisi modal awal Toko dan Bengkel berdasar prosentasenya diluar tempat usaha: 
1. Spare part dan variasi after market = 65% 
2. Spare part Genuine Part = 10% 
3. Pelumas atau Oli = 10% 
4. Ban Luar Branded (IRC dan FDR) = 7% 
5. Tool Kit (Khusus Bengkel) = 8%

Mayoritas calon usahawan baru biasanya belum mengetahui secara dalam tentang jenis karakter spare part motor dan Variasi yang terdiri dari Fast Moving, Middle dan Slow Moving item. Hal ini dikarenakan jumlah spare part dan variasi yang banyak serta jenis sepeda motor yang variatif.

Modal awal yang diperlukan untuk membuka Toko atau Bengkel tergantung pada luasnya lokasi usaha dan dana yang dianggarkan. sedangkan modal awal Kanvaser atau Sales Freelance bisa dimulai dari 5 juta rupiah.

Guna memudahkan calon usahawan yang ingin membuka usaha ini kami berupaya memberikan panduan belanja awal produk produk dari Swalayan Motor yang terdiri dari Spare part dan variasi pada segmen after market di atas dengan paket paket yang nantinya akan disesuaikan kuantitas itemnya berdasarkan kategori Fast, Middle dan Slow Moving. Berikut ini adalah belanja awal dalam bentuk paket paket yang telah kami pilahkan berdasarkan permodalannya yang dapat anda download pada Menu download di website resmi kami.

1. PAKET USAHA MIKRO Rp.10 JUTA 
2. PAKET USAHA KECIL Rp.30 JUTA 
3. PAKET USAHA MENENGAH Rp.50 JUTA 
4. PAKET DAELER Rp.75 JUTA 
5. PAKET AGEN Rp.100 JUTA 
6. PAKET SUB DISTRIBUTOR Rp.150 JUTA

Paket paket usaha di atas tidak termasuk produk Oli atau pelumas, Genuine Part, Ban Luar maupun Tool Kit Bengkel, untuk pembelian Oli atau pelumas, Genuine Part, Ban Luar maupun Tool Kit Bengkel Swalayan Motor tidak menyediakannya maka dari itu kami sarankan anda membelinya pada AGEN RESMI produk tersebut di kota anda, hal ini untuk menjaga keaslian produk tersebut dan membuat harga jual anda kepada konsumen lebih marketable (bisa masuk pasar) karena tidak terkena biaya pengiriman.

Dapatkan berbagai keuntungan dengan mengambil Paket paket usaha di atas seperti diskon pembelian hingga 11% serta bonus bonus istimewa lainnya hingga senilai Rp.47.000.000 (empat puluh tujuh juta rupiah) dari Swalayan Motor yang terdiri dari bonus bonus: 
1. REKLAME TOKO (MMT) 
2. BAJU MEKANIK atau WEAR PACK 
3. KAOS MARKETING TOOL LAIN 
4. BONUS CASH BACK 
5. TAS BARANG 
6. JURNAL APLICABLE SPARE PART MOTOR 
7. WEBSITE ONLINE STORE DGN DOMAIN NAMAUSAHA.COM

Andapun Bisa menjadi Daeler, Agen atau Sub Distributor Swalayan Motor bila belum ada perwakilan Swalayan Motor di daerah tersebut dengan ketentuan memiliki sarana dan sumber daya manusia yang mendukung kegiatan pemasaran ke toko dan bengkel di kota anda dan memiliki anggaran dana yang memadai, untuk keterangan lengkapnya baca pada Menu Ingin Menjadi Agen di website kami www.gp1-racing.com

Keterangan lebih lanjut kunjungi website resmi kami www.gp1-racing.com dan hubungi Marketing Office via Telepon, HP, Fax dan email atau Marketing Online kami via Yahoo Messenger.

CV. SWALAYAN MOTOR 
Head Office: Plaza Taman Niaga Blok F3A, Kota BSB, Semarang 
Warehouse: Jl. Raya Semarang - Boja No.300, Kendal 
Phone: 024-76631162, 70687769, 0294-572369 
Cellular: 08179904068, 081465000900 
Email: swalayan.motor@yahoo.com 
Y! Messenger: swalayan.motor 
www.gp1-racing.com


















0komentar:

Post a Comment