Usaha Pengolahan Lidah Buaya


Lidah Buaya yang biasa dikenal dengan nama aloe vera memang sudah dikenal sebagai tanaman yang mempunyai berbagai manfaat. Dahulu masyarakat mengenalnya hanya untuk digunakan sebagai pencuci dan perawatan rambut. Namun kini ditemukan lebih banyak manfaat aloe vera ini baik sebagai bahan makanan alternatif hingga urusan kesehatan. Bahkan dari hasil penelitian medis ternyata lidah buaya ini dapat digunakan sebagai pengganti cairan darah manusia, sehingga pemanfaatannya dapat digunakan baik untuk sebagai makanan suplemen bagi wanita hingga pemanfaatannya sebagai terapi bagi korban dimedan perang.

Dengan segudang manfaat dari lidah buaya ini tentu mendatangkan peluang bisnis bagi yang ingin menekuninya apalagi pesaing diusaha ini memang masih jarang ditemui khususnya untuk lidah buaya diolah sebagai bahan makanan. Varian lidah buaya yang cocok digunakan untuk bisnis adalah dari jenis barbadensis karena bentuknya bongsor sehingga produksinya lebih banyak dibandingkan dengan jenis lainnya. Makanan hasil olahan dari lidah buaya dapat bermacam-macam dari nata de aloe vera, dodol, teh, hingga kerupuk. Sedangkan kedepan masih dapat dikembangkan lagi bentuk lebih lanjut pemanfaatan lidah buaya ini. 

Bagi anda yang tertarik dalam proses pengolahan lidah buaya menjadi bahan makanan sebenarnya cara pengolahannya tidaklah sulit. Lidah buaya dapat diolah sebagai bahan makanan olahan dalam bentuk apa saja, namun proses awal pengolahan dengan menghilangkan getah adalah sangat penting karena dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri bila dibiarkan dalam kondisi basah. Membersihkan getah lidah buaya dapat dilakukan dengan membersihkannya kedalam air yang mengalir hingga terasa kesat dan tidak berbau. Untuk pengolahan lebih lanjut misalkan akan dibuat sebagai bahan pembuat kerupuk berikut ini adalah cara pembuatannya.

Resep bahan lidah buaya:
-tepung tapioka
-bahan lidah buaya
-garam secukupnya
-bawang putih secukupnya
-penyedap rasa secukupnya
-air secukupnya

Cara membuat lidah buaya:
1. Cuci bersih lidah buaya dan tumbuk hingga halus.
2. Campur lidah buaya dengan setengah bagian tepung tapioka hingga rata.
3. Haluskan bawang putih dan garam, campur dengan sisa tepung. Tuang sedikit air.
4. Campur adonan lidah buaya dan adonan bawang menjadi satu. Tambahkan penyedap rasa, aduk rata.
5. Tuang adonan dalam loyang panjang atau bungkus adonan dengan daun pisang bentuk bulat panjang. Kukus hingga matang selama kurang lebih 1-2 jam.
6. Iris tipis, jemur hingga kering.
7. Kerupuk udang siap digoreng.

Info lebiha lanjut bila ada yang berkeinginan mencari bibit ataupun cara pengolahan aloe vera atau pengolahan lidah buaya dapat menghubungi :
Bina A’Vera
Jl H Dimun Raya No 4
Sukamaju, Cilodong Depok
021 - 70711882