Wirausaha Es lilin dan Es Puter


Saya seringkali kangen juga menimati rasa es lilin dan es puter yang saat ini sudah mulai sulit untuk dijumpai. Memang, ada beberapa resto yang terkadang masih menjajakan es kesayangan tersebut namun secara umum sudah mulai sulit untuk menikmati kembali kelezatan es tempoe doloe ini. Rasa es lilin dan es puter yang ditawarkan memang sangat khas rasa nusantara karena memang berasal dari bahan/rempah yang memberi rasa unik. Rasa pilihan es lilindan es puter biasanya memang tidak aneh-aneh, hanya menawarkan rasa coklat, mocca, kacang ijo, durian, vanila, nangka dll.

Peluang sebagai wirausaha es lilin dan es puter adalah sebuah tawaran yang masih terbuka karena banyak konsumen yang ingin merasakan kembali jaman baheula saat dia masih anak-anak. Saat ini memang dipasaran sangat banyak produsen es cream yang berskala industri besar dengan menawarkan berbagai macam rasa. Namun es lilin dan es puter ini memang tidak menantang mereka untuk bersaing secara “head to head” karena tema yang ditawarkan disini memang agak berbeda yaitu menjual kembali kenangan nostalgia sembari menikmati kelezatan es lilin dan es puter itu sendiri. Coba kalau anda berkesempatan berkunjung ke pasar asemka – jakarta pusat, disana banyak dijajakan es potong yang penggemarnya tidak kunjung surut. Es potong ini kembali menyegarkan memori konsumen akan masa silam mereka.

Cara pembuatan es lilin dan es puter ini juga tidak terlampau ribet. Hal ini terbukti jaman dahulu dimana masyarakat yang masih minim teknologi saja sudah mampu menciptakan es yang nikmat dan dalam berbagai rasa.  Ini adalah resep membuat es lilin dengan rasa kacang hijau. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut :
Kacang hijau 250 gram (rendam dahulu semalaman agar memudahkan dalam merebus)
Gula pasir 500 gram
Air matang 1500 cc (1,5 liter)
Daun pandan 3 lembar
Santan kelapa kental 500 ml
Plastik kemasan es lilin 
Cetakan es lilin
Sedangkan cara pengolahannya adalah sebagai berikut:
Rebus kacang hijau hingga empuk
Panaskan air hingga mendidih ditambah gula pasir
Tambahkan daun pandan dan santan kental
Masak sembari diaduk-aduk sampai mendidih dengan api kecil.
Kemudian angkat dan dinginkan
Siapkan alat cetakan es lilin
Dalam masing-masing cetakan, masukkan 1 sendok teh kacang hijau + campuran santan dan gula
Ulangi sampai semua bahan habis
Masukkan cetakan es lilin ke dalam freezer
Tunggu hingga es lilin mengeras
Pemasaran es puter ini relatif luas konsumennya karena banyak orang yang menyukai es puter dan es lilin baik tua atau muda. Pemasaran bisa melalui kerjasama dengan pihak lain atau dipasarkan sendiri dengan membuat gerai di mall, sekolah, rumah/kios, minimart. Kerjasama dengan pihak lain bisa dengan konsinyasi/reseller dengan berbagai resto yang ada, seringkali konsumen yang sedang menunggu menu pesanan sebelum datang akan tertarik dengan adanya es lilin ini dan akhirnya ikutan mencicipi.

Kenikmatan wirausaha es lilin dan es puter ini bukan tidak ada kendala selain potensi pasar yang cukup bagus. Kendala dalam berjualan es seperti pada umumnya yaitu masalah cuaca. Pada musim penghujan adalah masa paceklik jualan es karena suhu saat itu relatif dingin sehingga kurang cocok untuk mengkonsumsi es lilin yang dingin rasanya. Namun kondisinya akan berbalik dikala musim panas/ kering minum es lilin/puter akan lebih nikmat untuk mengurangi suhu yang panas. Kendala lain dalam usaha ini adalah masalah penyediaan alat simpan/freezer yang mahal harganya, jadi semakin banyak kita menjalin mitra maka kebutuhan modal usaha akan semakin meningkat. Namun untuk menyiasatinya dapat melakukan seleksi lokasi yang strategis saja, dimana hanya memilih restoran yang memiliki pengunjung banyak saja yang dipilih untuk menekan modal usaha tersebut. Selamat Wirausaha.

Referensi Usaha :

Bengkel Alat Es Puter dan Peralatan Es Goyang
JOMBANG, Jl. Ki Hajar Dewantara 12 D, Kel. Jombatan, Kab. Jombang, Jawa Timur,
Telp (0321) 873189

KEDIRI, Jl. Ahmad Dahlan No. 234, Kota Kediri (Samping Radio Andika FM)
Customer Service : 081335080365

Maksindo
Jakarta : 021-46835767
Surabaya : 031-5011631
Bandung : 022-7537638
Malang : 0341-4345981 

Ditulis oleh DuniaWirausaha.com.