Bisnis Aksesori Pernikahan


Acara pernikahan memang sesuatu yang masih dipandang agung oleh sebagian besar masyarakat. Oleh sebab itu pihak yang sedang mengadakan hajatan resepsi pernikahan akan sangat “care” akan kesuksesan jalannya acara resepsi tersebut karena menyangkut gengsi keluarga penyelenggara. Bilamana ada hal yang dirasakan kurang pas baik dari undangan pernikahan, suvenir, dekorasi, makanan, fotografi atau sikap panitia penerima tamu yang kurang maksimal maka dapat menyebabkan malu bagi pihak yang menyelenggarakan acara resepsi. 

Acara pernikahan memang tidak akan pernah mati hanya ada musim atau waktu tertentu dimana acara pernikahan akan sering diselenggarakan atau tidak. Acara pernikahan juga tidak hanya diselenggarakan di gedung pertemuan namun juga dirumah karena alasan keterbatasan gedung atau alasan lainnya. Malah acara pernikahan diperumahan lebih sering dijumpai baik perkampungan atau dikompleks perumahan dengan segala konsekuensi penyelenggaraannya, termasuk menutup akses jalan masuk.

Hal ini menunjukkan betapa masih terbukanya peluang untuk berbisnis di pernak pernik yang terkait dengan resepsi pernikahan.
Bagi anda yang berminat berbisnis di aksesori pernikahan dengan tidak hanya dengan modal besar saja yang dapat menangguk untung di bisnis ini namun dengan modal yang terbatas dapat pula menikmati manisnya usaha dibidang ini.  Aksesori pernikahan minimal terdiri dari dua kategori produk yaitu undangan dan suvenir. Anda bisa memilih salah satu atau dua-duanya dapat dijalankan karena menyangkut image kepada calon konsumen agar dianggap lebih lengkap layanannya.

Undangan Pernikahan
Dalam acara resepsi penikahan, undangan adalah elemen pertama dalam acara tersebut. Karena undangan adalah bentuk pemberitahuan kepada khalayak termasuk keluarga, teman dan relasi mengenai adanya acara pernikahan tersebut.

Dalam bisnis undangan hal yang utama sebagai modal adalah kreativitas, karena yang ingin disampaikan oleh pihak pengundang selain informasi mengenai resepsi pernikahan juga sentuhan keunikan yang ingin disampaikan kepada para undangan. Oleh karenanya undangan sekarang ini bisa berbentuk macam-macam tidak hanya dalam bentuk kartu tetapi dalam bentuk bunga, kotak kayu, gelas dan sebagainya.

Untuk segmen kelas atas biasanya akan menuntut bentuk undangan yang agak ekslusif tidak hanya berbentuk kartu saja namun bisa dalam bentuk lainnya, sehingga bagi penyedia layanan undangan harus mempunyai banyak alternatif pilihan bagi calon konsumen. Atau kalaupun masih mempergunakan kertas namun dengan bahan yang ekslusif dengan bahan baku impor yang harganya tentu saja lebih mahal. Dan untuk segmen kelas bawah biasanya karena keterbatasan anggaran masih memiilih menggunakan bahan baku dari kertas namun perlu ditawarkan variasi desain yang beragam agar mereka jatuh hati dan memberi order kepada anda.

Suvenir
Untuk suvenir lebih banyak pilihan bahan bakunya bisa dari bahan tanah liat, gelas, kertas, kayu, kaleng hingga foto para undangan yang hadir. Untuk suvenir sendiri memang ada pesan yang ingin disampaikan yaitu keunikan dan manfaat/kegunaan suvenir sehingga seringkali ingin selama mungkin suvenir ini dipakai untuk berbagai keperluan sehari-hari misalnya, kalender meja, gunting kuku, gelas minum dsb sehingga senantiasa akan diingat tentang momen pernikahan tersebut dibenak undangan.  

Untuk mempertahankan daya saingin bisnis, pelaku usaha ini harus senantiasa kreatif mengeluarkan model-model baru selain harus memperhatikan tren yang berkembang sehingga model yang ditawarkan tidak ketinggalan mode. Karena bisnis ini sangat bergantung kepada even pernikahan tentu saja ada musim dimana ada masa ramai dan ada masa sepi order. Pada umumnya banyak acara pernikahan dibulan April – hingga sebelum bulan puasa kemudian setelah puasa hingga akhir tahun. Nah pada saat jeda dimana order suvenir pernikahan sedang sepi order dapat disiasati dengan menggarap pasar suvenir untuk acara ulang tahun dan acara peringatan diperusahaan2.

Dalam bisnis suvenir ini ada satu hal yang harus diperhatikan adalah masalah sumberdaya manusia. Berbeda dengan undangan yang lebih banyak terkait dengan proses mekanisasi mesin, suvenir lebih banyak terkait dengan tangan manusia sebagai pengrajinnya. Oleh sebab itu berbeda dengan mesin yang senantiasa tidak akan berbeda hasilnya bila melakukan proses kerja lama, pekerja yang membuat suvenir akan mengalami kecenderungan lelah dan capek bila mengerjakan setelah kurun waktu yang lama, akibatnya kualitas suvenir akan menurun. Kondisi ini tentu tidak diinginkan oleh pengusaha suvenir karena dari sisi kuantitas dan kualitas sulit mengejar seperti apa yang diharapkan pasar.

Bagi anda yang berminat berbisnis undangan dan suvenir pernikahan ada info dibawah ini kemana anda dapat menghubungi:

Suplier bahan baku undangan dan suvenir:
·* Hikari’s Art
ITC Mangga Dua Lt IV blok B No 8A-8B Jakut
021 - 70560610

·* Simply sweet
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No 81
021 - 8292245

·* Prima
Pusat grosir pasar pagi Mangga Dua Lt III Blok BB No 022 Jakut
021 - 6499516

·* Toko Prapatan
Jl Raya Bekasi Brt No 5-7, Jatinegara Jaktim
021 – 8502655, 8569969

·* Toko Kemenangan
Jl Raya Jatinegara Jaktim No 35
021 – 8190717, 8500390

* Toko Kita Makmur
Pusat grosir Ps Pagi Mangga Dua Lt Semi basement Blok D No 79
Mangga Dua, Jakut
021 – 6499037

Pencetak Undangan :
·PrimaGraphia Group
Jl Kalibaru Timur IV No 5-7 Senen Jakpus
021 - 42803927

·Delta Digital Printing
JlKalibaru Timur III No 22B senen Jakpus
021 - 4260446

·Duta Jaya Mandiri
Jl Kalibaru Timur III No 5 Senen Jakpus
021 – 42879260

Jasa kursus suvenir dan undangan :
Lakeisha Suvenir
Kajen Rt 01/41 Kasongan Bantul Yogyakarta
(0274) 6889 639

Clay 2 clay
Tiny & Co Plaza Indonesia Lt IV no 101, Jakpus
0818 788 730
tinyandco@yahoo.com

·Gallery Digital
CV Multi Sarana Indonesia
Jl Cingised Raya Kom Pemkot Bandung Blok D no 16
Cisaranten Endah, Arcamanik Bandung
022 - 70623838

·Acacia Grafika
Jl Kramat Raya No 7 – 9 Komp Kramat Center Blok B 26 Lt 2 Jak
021 -  6839 0783, 9311 7203