Bisnis Dropshipping


Bisnis online sangat banyak bentuknya, dari mempunyai toko online sendiri, menjadi affiliate, paid review, PPC dan masih banyak lagi ragam lainnya. Namun ada peluang model lain dalam bisnis online yang masih jarang diketahui orang banyak yaitu dengan model dropshipping. Apa itu dropshipping ? dropshipping menurut wikipedia adalah “a supply chain management technique in which the retailer does not keep goods in stock, but instead transfers customer orders and shipment details to either the manufacturer or a wholesaler, who then ships the goods directly to the customer. As in retail businesses, the majority of retailers make their profit on the difference between the wholesale and retail price but some retailers earn an agreed percentage of the sales in commission, paid by the wholesaler to the retailer”.

Jadi kalau membaca terjemahan diatas adalah peran anda dalam bisnis dengan model dropshipping adalah sebagai perantara (reseller, retailer) yang mempertemukan antara pemilik produk/barang dengan pembeli, namun yang membedakan dengan model perantara lainnya adalah pemilik barang akan memproses order hingga mengirim ke konsumen seolah-olah si reseller adalah pemilik produk tersebut sehingga pembeli tidak tahu bahwa sebenarnya si reseller ini adalah hanya perantara saja. Sedangkan keuntungan bagi reseller adalah selisih antara harga beli dari produsen/wholesaler dengan harga jual ke pembeli.

Ada sebuah ilustrasi sederhana untuk memudahkan anda memahami model dropshipping ini

Pihak-pihak yang terlibat dalam proses ini adalah penjual/reseller–pembeli–pemilik barang/dropshipper

Setelah ada kerjasama antara anda sebagai reseller dengan pihak dropshipper, maka anda bisa memajang produk dari dropshipper di toko online/website anda, misalkan anda mau menjual

Bila ada pengunjung yang tertarik dengan produk tersebut dan ingin membeli produk tersebut maka transaksi pembayaran melalui money processor seperti e-banking, transfer bank, paypal, kartu kredit dsb.

Setelah menerima pembayaran, lalu penjual/reseller akan memesan produk dan membayar ke pihak dropshipper

Dropshipper akan mengirim langsung ke alamat pembeli dengan nama penjual/reseller. Jadi proses bisnis dengan model dropshipping memang simpel dan si pembeli tidak akan tahu bahwa penjual/reseller bukanlah pemilik produk namun hanya sekedar makelar atau perantara dari produk tersebut. Kelebihan lain dari bisnis dengan model ini adalah minim modal karena modal awal hanyalah komputer + internet (milik sendiri atau rental) tanpa perlu mempunyai inventori produk apapun. Hanya perlu modal pengetahuan yang ekstra dengan pengetahuan bagaimana membuat webstore (bisa dengan domain hosting berbayar atau gratis). Atau bisa juga mencari penyedia webstore yang sudah built-in dengan aplikasi toko online seperti di tokobagus atau dinomarket atau di ebay untuk pasar global.


Namun ada tips agar berhati-hati juga menjalin kerjasama dengan pihak dropshopper karena tidak semua dropshopper dapat dipercaya, namun ada beberapa perusahaan dropshopper yang cukup dipercaya yaitu chinavasion.com dan chinaewindow.com.

Produk yang akan dipajang diwebstore anda sebaiknya adalah produk yang banyak dicari orang agar mudah meningkatkan omset penjualan dan tidak susah dalam mempromosikan. Banyak cara yang dapat digunakan untuk riset sederhana mencari produk yang lagi hotproducts, bisa menggunakan bantuan google.com (google.com/products) atau alexa.com (dibagian hotproducts) atau di e-bay.com (pulse.ebay.com) atau amazon.com dan masih banyak lagi.

Setelah ketemu produk yang lagi hot dipasar kemudian anda dapat mendaftar di provider jual beli seperti misalnya di ebay atau untuk lokal seperti dinomarket (untuk teknis bagaimana membuat dan mengelola webstore baik ebay, utoko, dinomarket banyak tersedia ditoko buku).

Setelah mempunyai webstore maka tugas selanjutnya adalah mempromosikan webstore tersebut kebanyak direktori atau website agar webstore anda banyak dikenal dan akan mendatangkan trafik pengunjung (silahkan pelajari buku2 teknik SEO). Dengan semakin dikenalnya webstore anda maka kemungkinan untuk mendatangkan pembeli akan semakin besar. Ketekunan dan kesabaran anda dalam mengelola dan mengembangkan webstore akan mendorong keberhasilan dari bisnis online anda dengan model dropshipping.