Belanja di Grosir Untuk Kulakan Lebaran


Bulan puasa memang tinggal sebentar lagi paripurna namun masih ada satu momen yang dinanti-nanti oleh yaitu datangnya hari lebaran atau Idul Fitri. Kebutuhan barang konsumsi menjelang lebaran juga masih akan meningkat. Bagi pembaca yang berminat melakukan kulakan barang kebutuhan ibadah muslim ada beberapa pusat perkulakan yang dapat dijadikan referensi karena barang yang ditawarkan lebih lengkap dan harga yang tentunya juga lebih miring, jadi cocok untuk dijual kembali. Pilih pasar grosir yang dekat dengan kediaman anda karena akan menghemat biaya transpor atau pengiriman.
Pasar Baru Trade Center Bandung 
Pasar Baru ini adalah pasar atau pusat grosir perlengkapan ibadah muslim terlengkap di kota Bandung Jawa Barat. Pasar ini berlokasi di jalan Otto Iskandardinata Bandung. Di pasar ini banyak dipasarkan produk perlengkapan ibadah muslim seperti kopiah, sarung, baju koko, peci dan sajadah. Pasar Baru ini harga produknya relatif lebih murah dibandingkan dengan pasar grosir lainnya di Jawa Barat seperti di Pasar Anyar Bogor misalnya. Di Pasar Baru pembeli bisa membeli tidak hanya secara grosir namun juga dapat membeli eceran. Kebanyakan transaksi penjualan adalah tunai dan diskon bagi grosir adalah sekitar 20% -30 % dari harga eceran.

Pasar Kebon Kembang dan Pusat Grosir Bogor (PGB)
Dikota Bogor juga ada pusat perkulakan produk ibadah yang lokasinya tidak jauh dari stasiun kereta api dan Mesjid Agung Bogor. Dipasar ini lebih banyak dibeli masyarakat adalah sarung dan sajadah. Disini juga penjualan dapat dilakukan secara grosir ataupun eceran tanpa pembelian minimal. Untuk penjual kembali atau reseller keuntungan yang dapat dipetik sekitar 20%-30%. Untuk pembelian dan pemesanan dapat dilakukan dengan datang langsung atau dapat melalui telpon dengan transaksi tunai.

ITC Cipulir – Jakarta Selatan
Didaerah Jakarta Selatan ada pusat grosir perlengkapan ibadah yang lengkap. Semua kebutuhan lebaran seperti baju koko, baju muslimah, mukena, sarung, peci dan sajadah ada semua disana lengkap dengan berbagai model  yang terakhir. Pakaian muslim bagi pria yang lagi ngetrend adalah baju dan kopiah yang dikenakan oleh Ustad Jefri Bukhori atau Uje. Disini juga menerima pembelian baik grosir ataupun eceran, namun untuk pembelian grosir seperti halnya ditempat perkulakan lainnya mendapatkan potongan harga berkisar 20% -30 %.

Pasar Pagi Mangga Dua
Pasar pagi memang lebih lengkap dilihat dari penyediaan selain keperluan lebaran juga kebutuhan fashion lainnya juga ada karena bersebelahan dengan ITC Mangga Dua. Ditempat ini juga barang-barang yang ditawarkan  relatif sama. Untuk pembelian grosir dengan pembelian minimal 3-5 biji hingga kodi. Namun pembelian minimal ini tidak sama semua diantara produk-produk yang dijual, misal sajadah dijual dengan pembelian minimal 1 kodi.

Pasar Jatinegara Jaktim
Pasar Jatinegara ini juga dikenal dengan nama lain yaitu pasar mester. Selain dibulan puasa tempat ini dikenal sebagai pusat perkulakan untuk produk-produk asesori pernikahan. Namun pada bulan Ramadhan seperti ini dijual berbagai produk kebutuhan untuk ibadah muslim. Diskon bagi yang ingin membeli grsir berkisar antara 5%-40% tergantung jumlah pembelian.

Pasar Beringharjo
Pasar ini adalah pusat perkulakan kebanggan masyarkat Yogyakarta. Pasar ini adalah pasar peninggalan Belanda yang masih beroperasi hingga kini. Dipasar ini juga dijual beragam produk termasuk barang-barang suvenir dan kesenian khas yogyakarta, namun pada bulan Ramadhan juga tersedia berbagai barang kebutuhan ibadah termasuk fashion muslim dan aksesorinya. Pembelian minimal secara grosir bila membeli minimal 3-6 potong dengan besaran diskon sebesar 5%-10.

Pasar Klewer Solo
Pasar klewer memang terkenal sebagai sentra pakaian serta berbagai produk khas lainnya seperti kain batik. Jadi konsumen selain dapat berbelanja berbagai produk kebutuhan ibadah muslim juga dapat membeli produk tekstil atau fashion dengan corak tradisional berbahan kain seperti batik. Produk batikpun yang dijual tidak hanya dalam bentuk fashion namun bisa dalam bentuk lain seperti seprei dan taplak dan masih banyak lagi.   

Pasar Ampel Surabaya
Pasar Ampel adalah pasar tertua di kota Surabaya. Dipasar ini produk untuk kebutuhan umat muslim memang lengkap. Pembelian dapat dilakukan dengan eceran ataupun grosir. Bila membeli dengan sistim grosir biasanya dengan pembelian minimal 1 lusin dengan potongan harga antara Rp 1.000  - Rp 2.000 perpotongnya. Sedangkan untuk pembelian jarak jauh dengan menggunakan jasa ekspedisi maka biaya pengiriman ditanggung konsumen.

Pusat Grosir Surabaya (PGS)
Pusat perkulakan ini berada didekat stasiun Pasar Turi sebagai tempat perdagangan yang menjual bermacam-macam produk termasuk barang-barang elektronik. Namun bagi pembeli barang-barang ibadah muslim dapat dijumpai dilantai 3. Barang-barang seperti baju koko, mukena, peci, sarung dapat mudah dijumpai disana. Untuk pembelian grosir dapat dilakukan dengan pembelian minimal 3 potong dengan potongan harga sebesar Rp 3.000 – Rp 5.000 /potong.