Wirausaha Jasa Cuci Helm, Peluang Baru Yang Menjanjikan


Kendaraan bermotor khususnya roda dua saat ini sangatlah banyak jumlahnya malah pak polisi sudah kebingungan mengaturnya. Dimana-mana jumlah motor sudah mengalahkan jumlah mobil. Memang saat ini kendaraan motor menjadi andalan utama bagi masyarakat untuk sarana transportasi. Bahkan awalnya motor ini didesain hanya untuk bepergian jarak pendek saja, namun sekarang untuk bepergian antar kota orang menggunakan motor meski membahayakan jiwa pengendaranya.

Namun ada sebuah fakta menarik tentang hal-hal yang terkait pengendara motor yaitu safety helm atau dikenal helm. Dimana helm sebagai perlengkapan keamanan adalah wajib dikenakan oleh pengendara motor. Namun ada sebuah survei yang pernah dilakukan dimana kebanyakan pengendara motor tidak pernah mencuci helm motornya.

Lantas kalau helm tidak pernah dicuci tentu kondisinya sangat memprihatinkan bisa berbau apek atau warnanya kain busanya berwarna kusam. Sebenarnya pengendara motor tidak pernah atau jarang mencuci helmnya karena banyak faktor misalnya tidak tahu bagaimana mencuci helm, kemana ada jasa  pencucian helm, busa helm lama kering,atau busa mengempis setelah proses pencucian. Itu adalah sebagaian kecil alasan orang enggan mencuci helmnya dan masih banyak faktor lainnya yang menambah alasan keengganan mencuci helm.

Namun sebenarnya alasan sebenarnya yang  membuat masyarakat pengendara motor enggan mencuci helmnya adalah tidak mau repot dalam proses pencucian. Dimana meski terlihat sepele, proses pencucian helm tidaklah semudah bayangan orang karena mencopot isi perlengkapan helm, mencuci dan mengeringkan dan mengembalikan kembali isi helm ketempatnya butuh ketelatenan dan ketrampilan tangan. Nah dengan jumlah pengguna kendaraan yang bejibun dan segudang kesulitan untuk mencuci sendiri helmnya maka sebenarnya peluang untuk  membuka layanan jasa cuci helm adalah sangat prospektif. Jasa cuci helm ini punya segment yang sangat besar dan belum banyak saingan dibidang usaha ini. Perlengkapan standar untuk jasa cuci helm bagi yang ingin berminat membukanya adalah sebagai berikut:
1. Tempat pencucian helm (bisa wadah air atau ember air)
2. Rak lemari yang dilengkapi blower dan timer untuk proses pengeringan
3. Lampu ultraviolet untuk proses disinfektan
4. Saklar listrik untuk masing-masing blower

Pemilihan lokasi calon usaha jasa cuci helm dapat dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Namun lokasi yang tepat adalah dengan mendekati dimana komunitas kendaraan bermotor berada misalnya dengan melakukan kerjasama dengan pengelola perpakiran atau kerjasama dengan jasa cuci kendaraan bermotor. Tempat parkir di pusat perbelanjaan adalah tempat potensial dimana peluang calon konsumen yang akan mencuci helm semakin besar. Sembari berbelanja, helm konsumen bisa dicuci tanpa harus ditunggu secara langsung. Atau juga bisa menggandeng usaha dengan jasa pencucian kendaraan bermotor jadi konsumen dapat layanan cuci tidak hanya kendaraannya saja namun juga helmnya.

Strategi pemasaran agar mendongkrak omset perlu juga dipikirkan misalnya memberikan diskon selama masa promosi atau memberikan voucher gratis atau cuci gratis bila telah mencuci beberapa kali. Strategi pemasaran yang pas dengan usaha cuci helm ini mungkin bisa anda tentukan sendiri. Bagi anda yang berminat mengenai layanan cuci helm dapat menghubungi:Fresh & CleanJl. tanjakan Auri No. 60 Cakung timurSamping Grand Cakung ( Mall GIANT ) Jakarta TimurPhone: 021-70526263
HP      : 08170001250 /081389910245