Peluang Usaha Sebagai Agen Pulsa : Kebutuhan Pulsa Seluler Tumbuh Bak Jamur Dimusim Hujan


Komunikasi saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok yang bersifat intangible. Era sebelumnya memang kebutuhan manusia masih berkutat kepada produk-produk yang bersifat fisik, namun sekarang kondisinya sudah jauh berubah bahwa ketergantungan manusia tidak hanya kepada produk fisik namun juga kepada produk jasa termasuk layanan komunikasi. Memang pada galibnya manusia adalah manusia sosial yang tidak bisa lepas dari komunitasnya. 

Pada era sebelumnya memang komunikasi masih dianggap produk layanan yang masih relatif mahal, karena sedikit providernya dan dengan layanan yang masih terbatas pula. Namun kini dengan semakin majunya teknologi membuat layanan komunikasi adalah sebuah layanan yang semua masyarakat bisa menikmatinya karena harganya yang semakin terjangkau. Dengan penduduk Indonesia yang lebih dari 200 juta tentu sebuah pasar yang sangat besar potensinya ditambah dengan perluasan coverage jaringan seluler dari waktu ke waktu tentu akan semakin menambah besar calon pengguna layanan komunikasi.

Pulsa adalah kata kunci yang sangat menentukan sebuah layanan komunikasi dapat diperoleh atau tidak, karena pulsa adalah sebuah terminologi yang artinya pendapatan bagi provider komunikasi khususnya untuk komunikasi seluler pra-bayar. Jadi bila pelanggan seluler masih mempunyai pulsa tentu masih dapat menggunakan layanan komunikasi dari providernya dan begitu pula kondisi sebaliknya.

Kalau kita amati iklan dari layanan komunikasi seluler sangat sering muncul dimedia massa, hal ini menunjukkan betapa masih besar potensi kebutuhan pasar layanan komunikasi seluler kita. Termasuk peluang usaha selanjutnya baik sebagai dealer resmi (authorized dealer), atau kemudian sebagai agen pulsa sebelum menjual ke pembeli retail. Dilingkungan kita sendiri sering kita temui teman atau kerabat yang terkadang membutuhkan pulsa untuk alat komunikasi seluler  mereka, dan ini potensi pasar untuk pembelian pulsa tidak jauh-jauh dari kita berada.

Dalam distribusi bisnis pulsa ini ada beberapa pihak yang saling terhubung yaitu provider seluler yang berhubungan dengan authorized dealer (agen resmi).  Agen resmi ini hanya diperkenankan melakukan penjualan hanya satu macam pulsa dari satu provider seluler tertentu. Kemudian agen resmi dari provider ini yang akan menyalurkan produknya ke distributor pulsa. Dan terakhir  distributor pulsa akan merekrut agen penjual pulsa sebelum menjual ke pembeli akhir atau pembeli retail.

Bagi anda yang mempunyai modal terbatas bisa berperan membuka bisnis dalam bidang perpulsaan ini sebagai agen pulsa. Banyak pihak sebagai distrbutor pulsa yang menawarkan kerjasama untuk merekrut agen pulsa. Namun sebelum menjatuhkan pilihan kepada sebuah distrbutor pulsa perlu anda cermati berbagai layanan keunggulan dari masing-masing distrbutor pulsa tersebut. Kecepatan layanan transaksi adalah salah satu kunci keunggulan dari sebuah distrbutor pulsa, selain pelayanan after sales termasuk call center untuk menerima komplain pelanggan. Termasuk ketersediaan pulsa yang harus selalu ada karena seringkali juga kehabisan stok pulsa.

Keuntungan bagi agen pulsa tentu saja selisih margin antara harga beli dan harga jual atau diskon dari distrbutor pulsa. Misal : pulsa seharga Rp 5.000 dijual dengan bandrol harga Rp 6.000 jadi keuntungannya Rp 1.000 atau margin keuntungannya 20 %.  Semakin banyak anda dapat menjual pulsa  dengan jumlah frekwensi transaksi yang semakin banyak maka akan semakin tinggi pula keuntungannya.

Salah satu kendala dari distribusi pulsa seluler khususnya pulsa elektrik adalah jaringan internet. Jadi bila saluran internet terganggu maka akan mengakibatkan transaksi data dari agen ke server provider melalui server distributor pulsa akan terganggu pula. Oleh karenanya carilah distributor pulsa  yang andal dan terpercaya yang dapat memberi jaminan dana agen pulsa tetap aman bila terjadi kondisi demikian. Perlu dipilih distributor pulsa yang dapat memberikan layanan after sales bila terjadi komplain pengguna karena pulsa yang terganggu masuk karena jaringan internet yang terganggu.

Distributor Pulsa:

Duta Pulsa

Jl Diponegoro No 91 D Sidoarjo

Jatim

www.duta-pulsa.co.id