Budidaya Kroto

Bisnis Ternak Kroto

Bisnis ternak kroto ternyata banyak juga sekarang yang menyukai. Terbukti setelah flodesta membuat artikel tentang ternak semut rangrang penghasil kroto yang mas bro buat beberapa bulan yang lalu. Respon atau antusias sahabat semua sangat tinggi. Berbekal ilmu dan pengetahuan dari mas bro mereka dapat menjalankan ternak krotonya di rumah sendiri. Walaupun terkadang masih banyak yang mengalami kesulitan. Tentunya akan berbeda sekali jika belajar dan bertemu langsung dengan pemilik peternak kroto yang mengadakan pelatihan secara berbayar.

Bisnis ternak kroto sekarang tidak hanya di tekuni oleh beberapa orang yang memang benar benar ingin mendapatkan penghasilan dari ternak kroto. Bahkan dari kalangan orang berduit juga telah menekuni bisnis ini. Sampingan kali ye...Sekarang para peternak kroto sudah banyak tersebar di kota kota di seluruh indonesia, khusunya pulau jawa. Tentunya sobat bisa dengan mudah untuk menimba ilmu atau ingin belajar mengikuti pelatihan di dekat kota anda. Tidak akan rugi untuk sobat semua memanfaatkan moment ini, karena ilmu tidak akan hilang dan terus di kembangkan menjadi lebih baik.

Dengan modal alat apa adanya artinya memanfaatkan bahan bahan bekas yang ada di rumah. Tentu akan meminimalisir pengeluaran yang ada. Mulai dari kayu, toples bekas ataupun botol botol plastik yang sudah tidak di gunakan lagi. Tetapi jika anda harus menggunakan alat yang pakai beli. Misalnya untuk membeli bibit, tentunya akan mengeluarkan uang ekstra untuk memulai bisnis ternak kroto. Karena pembelian bibit juga tidak murah ( relatif ) tergantung besar kecilnya sarang toplesnya dan jumlah ratu yang ada. Pembelian bibit di karenakan kita tidak ingin di repotkan dengan proses yang akan kita lewati (cari praktisnya wae). Bisa juga karena sarang semut rangrang sulit di dapatkan di sekitar rumah/daerah kita.

Untuk harga kroto di pasaran per kg menjelang lebaran saat ini sempat mencapai Rp.200 Ribu. hemm....
Sing nggolek kroto do balik kampung (mudik) gan.

Ketekunan dan kesabaran yang bisa mengantar anda ke gerbang kesuksesan. Karena bisnis ternak kroto tidak mudah kita jalani kalau anda maunya hanya instan saja. Ikuti proses yang ada, pasti akan membuahkan hasil. Seperti flodesta sekarang masih fokus untuk pembibitan ratu semut rangrang sendiri. Waktu yang di butuhkan tentunya juga tidak sebentar, butuh berbulan bulan untuk menghasilkannya. 
_________________________________________________________________________
Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples
Sangat mudah sekali cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples. Kalau teman ingin mencoba beternak atau membudidayakan semut rangrang. Cukup dengan menyediakan sebuah toples dan nampan. Sedangkan fungsi dari nampan adalah sebagai tempat untuk meletakkan toples. Tentunya nampan dii si dengan air. Supaya semut rangrangnya tidak lari kemana mana.


Selengkapnya sediakan alat sebagai berikut:
1. Toples
Untuk toples bebas ukuran, kalau bisa yang transparan. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk semut rangrang dan sebagai tempat udara sarang kroto.

2. Nampan


3. Solasi / plester coklat atau hitam, juga bisa menggunakan kertas.


Fungsinya untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring jaring. Setelah semut rangrang mau bersarang, bisa lepas solasinya atau bisa juga membiarkannya.

4. Batu bata atau yang lainya yang di taruh di atas nampan yang sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air. 


Gampang sekali tentang cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples. Untuk teman semua mungkin sudah mencoba, bisa share disini. Mungkin saya ada kekurangan.
_________________________________________________________________________
Gambar Rak Toples Semut Rangrang
Inilah gambar rak kayu semut rangrang yang di dalamnya juga masih menggunakan toples. Pembuatan dengan rak kayu juga menguntungkan dari segi perawatan. Karena kita tidak harus mengganti tatakan air dalam jumlah yang besar. Kotoran semut rangrang juga tidak banyak di dalam toples dan menempel di dinding luar. Misalkan ada rak dengan isi 10, tentunya hanya mengganti air 4 tatakan kaki rak. Sekat atau kotak bisa di buat lebih banyak sesuai ukuran toples. Bayangkan jika anda mempunyai seperti diatas 10 toples dengan tatakan nampan, perbandingan sangat banyak 4:10. Cara pemakaian rak sangat efesien sekali untuk sarang jumlah banyak.

Foto by Kroto Kerangga 

Dalam penempatan rak, di haruskan jauh dari udara yang sangat kencang. Jika di tempatkan dalam udara yang sangat kencang semut rangrang akan terbang kemana mana, disebabkan hembusan angin. Semut rangrang akan berjatuhan.Tentunya nanti akan merepotkan orang di sekitar anda. Pemberian makanan semut rangrang maupun minuman lebih enak, kita tinggal meletakkan dengan tempat agak luas. Pergerakan semut rangrang juga lebih bebas dan leluasa.

Bagaimana sobat, apakah sudah mencoba dengan menggunakan rak kayu ? selamat mencoba. Pilihan ada pada sobat, mau menggunakan rak atau nampan Semoga ternak semut rangrang anda jadi banyak dan berkembang.
_________________________________________________________________________
Gambar Lubang Sarang Toples

Mengapa masih saja ada yang masih bingung membuat lubang toples sarang semut rangrang. Karena banyak dari teman kita yang ingin belajar budidaya, menangkar, ternak semut rangrang penghasil kroto. Tetapi untuk melubangi sempat mengalami masalah, yaitu di mana letak lubangnya. Padahal kan pada jago jago membuat lubang. haha.. Sebenarnya sangat mudah sekali, sobat semua bisa membuat lubang di mana saja.


Its ok kali ini mas bro akan coba jelaskan dengan gambar. 

Pertama, gambar di bawah adalah tampilan untuk lubang bagian atas. Jika posisi toplesnya di balik. Jadi tutupnya di bawah. fungsinya untuk membawa masuk makanan ataupun mengambil minum.


Kedua adalah tampilan lubang untuk gambar toples bagian tengah. Lubang kecil yang ada di tengah adalah sebagai tambahan jika memang sirkulasi udara masih kurang. Pada lubang tersebut semut rangang tidak bisa keluar melalui lubang tersebut. Lubang kecil kecil bisa di tambah lagi lebih banyak. Tidak ada masalah, Semakin banyak lubang udara akan semakin baik.


Ketiga, adalah tampilan lubang untuk gambar bagian bawah toples.


Untuk lubang di bawah fungsinya untuk membuang kotoran semut rangrang dengan mudah ( tidak akan terjadi penumpukan ). Sehingga semut rangrang dalam membuangnya tidak harus naik keatas. Karena semut rangrang akan sedikit kesulitan naik keatas dengan membawa sisa sisa makanan ataupun kotoran yang akan di buang. Disebabkan terhalang oleh sarangnya sendiri.
__________________________________________________________________________
Gambar Semut Rangrang Jantan
Inilah gambar semut rangrang jantan yang anda bisa lihat. Ini juga sekaligus menjawab pertanyaan sahabat flodesta semua yang ingin tahu seperti apa bentuknya dan warnanya. Kalau dulu mas bro juga sudah membahas ternak kroto di toples menghasilkan semut rangrang jantan. Cuma belum sempat mengambil gambarnya. Sekarang saatnya saya coba tampilkan di sini.


Gambar diatas adalah sebagai contoh saja. Mungkin ketika sahabat flodesta menjumpai pada sarang semut rangrang yang seperti gambar yang pernah anda dapat dari berburu atau pernah melihat di tempat penjual kroto dengan warna hitam bersayap sebesar semut prajurit. Itulah semut rangrang jantan

Jika mas-mas dalam penangkaran atau budidaya semut raangrangnya mempunyai si calon ratu, jangan kuatir (sabar broo...). Dalam satu sarang di toples ketika sudah bisa menghasilkan telur ratu disitu nanti akan di susul dengan kelahiran semut rangrang jantan bisa juga bersamaan. Juga sebaliknya dalam sarang kroto toples yang gak ada calon ratunya pun juga bisa melahirkan semut rangrang jantan. Tapi nggo opo nek gak ono calon ratune utowo ratu seng durung neteske telur, rak ono gunane semut jantane.
_________________________________________________________________________
Ternak Semut Rangrang Jantan

Saat ini flodesta sudah bisa menghasilkan semut rangrang jantan di dalam sarang toples, (lanangane sob) raja dalam koloni semut rangrang. Setelah beberapa minggu yang lalu sempat menghasilkan larva atau telur ratu yang masih dalam tahap pembentukan manjadi calon ratu. Tapi yo kuwi orak luput soko kesabaran dari mas bro dewe yang setia menanti proses yang ada.

Inilah gambar sarang toples yang banyak sekali di huni oleh semut rangrang jantan (rojo...njaluk pow). Selain itu juga banyak krotonya. Hasil krotone lebih besar sedikit di banding kroto yang lain. manteb lah pokokmen. Durung sempat njepret rojone wes kewengen. Nyusul yo...


Semut rangrang jantan merupakan salah satu pelengkap dalam sebuah budidaya semut rangrang penghasil kroto. Tanpa adanya pejantan, saya kira belum lengkap. Itupun kalau teman semua sudah berhasil membudidayakan ratu sendiri. Dan harus membutuhkan sang raja untuk membuahi sang ratu sehingga akan menghasilkan telur.

Hasil dari semut rangrang jantan yang flodesta punya hampir bersamaan dengan munculnya larva / telur ratu. Cuma berlainan sarang atau toples.

Ketika proses itu berjalan secara bersama sama. Maka mas bro berinisiatif untuk menggabungkan dari kedua toples tersebut. Alhasil pencampuran antara kedua koloni yang berbeda tersebut tidak terjadi pertarungan yang seperti mas bro tidak harapkan. Yaitu akan terjadi saling serang. Bahkan mereka sudah menyatu satu sama lain. Hidup rukun dan damai. Kolonine wes suwe kabeh.

Bahkan dalam satu toples yang melahirkan semut rangrang jantan jumlahnya terlalu banyak ( akehe puol.. ). Mungkin harus merelakan untuk tidak membuahi sang ratu ( mesak key) yang jumlahnya tidak sebanding

Setelah proses penyatuan dari toples yang ada pupa ratu., tentunya mas bro akan memisahkan mereka lagi. Karena sudah di isi pejantan (injek). Supaya semut pekerja ataupun yang lain bisa fokus membesarkan sang pupa ratu lan ora di gotong rono rene. Ben mas bro bisa memantau perkembanganya.
_________________________________________________________________________
Cara Memberi Makanan Ternak Semut Rangrang

Bagaimana cara memberi makanan semut rangrang atau ternak kroto pada media toples. Makanan adalah bagian terpenting dan utama. Salah memberi makan akan mengakibatkan ternak kroto kita akan mengalami perkembangan yang kurang maksimal. Setelah mengetahui apa saja makanan yang harus di berikan semut rangrang. kali ini flodesta akan mencoba share cara memberi makanan pada semut rangrang dan sekaligus makanan tidak terbuang. Sehingga kita bisa memantau persedian makanan, apakah semut rangrang mau makan atau tidak. Tentunya untuk melatih semut rangrang untuk mencari atau berburu makanan sendiri walaupun sudah kita siapkan.


Cara memberi makanan semut rangrang yang pertama adalah kita bisa buatkan tempat khusus untuk menampung makanan. Tempat makanan bisa terbuat dari botol plastik yang di potong kemudian sisakan sedikit kira kira kurang lebih 2 cm lalu letakkan di atas toples. Dimana penggunaan botol plastik adalah supaya makanan tidak keluar. Kususnya untuk makanan yang berjenis ulat ( hongkong, kandang dll). Untuk makanan yang bisa terbang atau meloncat seperti jangkrik dan belalang bisa di masukan langsung kedalam lubang toples atau bisa juga kita lumpuhkan dulu kemudian di masukan di tempat yang telah kita sediakan.


Kemudian untuk cara memberi makanan yang menggunakan rak toples. Sebenarnya hampir sama seperti cara di atas. Cuma tempat makanan kita letak kan di samping toples. Karena dengan media rak , tempat untuk manaruh tempat makanan sangat luas di banding dengan menggunakan toples dengan tatakan nampan ( tempat sangat terbatas ).

Bagaimana sobat apakah sudah jelas apa yang saya share. Jika masih mengalami kesulitan, silahkan tanyakan di kolom komentar yang sudah mas bro sediakan atau bisa juga chat sama Mas Bro.
_________________________________________________________________________
Ternak Kroto Di Toples Menghasilkan Telur Ratu
Terjawab sudah yang selama ini menjadi pertanyaan sahabat semua termasuk mas bro. Seperti yang masuk di kolom komentar maupun email. Apakah bisa ternak kroto di toples tanpa ratu menghasilkan telur / larva ratu semut rangrang. Juga pertanyaan sebelumnya tentang gambar telur semut rangrang tanpa ratu apakah bisa menghasilkan telur (sudah di bahas). Memang sebelumnya mas bro belum bisa menjawab sesuai yang di harapkan, karena belum pernah mengalaminya.


Seiring dengan waktu, kali ini mas bro akan menjawab semua, bahwa ternak kroto di toples bisa menghasilkan telur ratu tanpa harus ada ratu. Mengenai semut rangrang tanpa ratu juga bisa menghasilkan telur. Tidak hanya di alam saja sekarang di toples atau penangkaran di rumah pun dapat kita hasilkan. Semua itu sudah mas bro uji coba dan terbukti. Sementara jumlah yang ada di gambar sarang toples ada sekitar 30 ekor telur ratu. Mantab bro...

Pada saat ini perburuan ratu semut rangrang ramai di cari dimana-mana ( ora kroto tok sing diburu) Apakah dengan cara mencari sendiri, pesan kepada penjual kroto dan pencari kroto. Sekarang adalah saatnya untuk budidaya ternak ratu sendiri. Jadi tidak perlu mencari atau berburu lagi. Tetapi tidak semudah itu untuk menghasilkan telur ratu, di butuhkan kesabaran dan proses waktu yang lama..

Dari mulai uji coba sampai pengamatan selama ini bahwa sarang semut rangrang di toples mas bro ternyata melahirkan telur ratu. Rasanya senang campur aduk (senenge puooool ). bisa menghasilkan telur ratu sendiri. Penantian yang panjang bagi mas bro untuk melihat sendiri hasil penangkaran semut rangrang di rumah, pada akhirnya tercapai juga di bulan puasa ini.

Sekedar untuk informasi menurut penjual kroto bahwa produksi telur ratu atau ratu semut rangrang akan banyak di bulan puasa. Ternyata betul setelah survey langsung ke tkp di mana mana di penuhi telur ratu dan calon ratu (bersayap). Tentunya kroto yang di beli akan bercampur dengan telur ratu semut rangrang.

Semua ini masih dalam tahap proses untuk manjadi ratu. Gambar atau foto yang mas bro upload di flodesta adalah contoh telur ratu semut rangrang. Semoga saja mejadi usaha yang tidak sia sia dan akan sukses menjadi ratu semut rangrang. Dan yang pasti bisa menjadi bisnis usaha sampingan yang bisa menghasilkan uang untuk sahabat flodesta semua. Amin...
_________________________________________________________________________
Proses Pupa Sukses Menjadi Calon Ratu
Selamat siang sedulurku kabeh sing panase rak karuan neng kene. flodesta siang ini akan coba berbagi informasi lagi ya tentang proses pupa ratu menjadi calon ratu rangrang. Kali ini sarang semut rangrang di toples mas bro sudah jadi calon ratu. Senang sekali rasanya, bisa mengurangi beban cari ratu (clingak clinguk). Minggu yang lalu sudah berbentuk pupa sekarang sudah berbentuk calon ratu yang ada sayapnya. Berapa hari atau minggu ya kira kira prosesnya. Kemarin pengambilan gambar pupa ratu pada tanggal 14 agustus 2012. Sekarang pengambilan gambar terakhir pada hari senin tanggal 27 agustus 2012.

Gambar calon ratu yang ada di toples flodesta yang mas bro ambil dari pinggir dinding toples yang umurnya kurang lebih 7 bulan. Semoga teman semua bisa lebih singkat dan pendek jangka waktunya untuk menghasilkan sebuah ratu semut rangrang jika dibandingkan dengan mas bro. Sabar yoo..


Tentunya sedulur kabeh jadi penasaran. Apa bisa ratu atau calon ratu bisa di ternak dan di hasilkan dari sebuah sarang yang terbuat dari toples. Penghuninya pun tidak ada ratu yang special di dalamnya, sekarang sudah terbukti. Mas bro dulu juga punya pikiran seperti itu. Saya kira juga tidak mungkin, ternyata bisa bro. Hanya waktu yang bisa menjawab. Karena ratu juga belum bisa kita tentukan sendiri kapan bisa melahirkan ratu.

Proses yang panjang untuk dapat menghasilkan calon ratu atau ratu semut rangrang. Semoga teman teman bisa lebih sabar dan serius. Mungkin pengalaman mas bro hanya sebagian contoh kecil di bandingkan dengan sahabat lain yang telah lama menekuni budidaya semut rangrang.

Kita tunggu ya sob proses selanjutnya untuk jadi ratu yang bisa menghasilkan telur. woke....
_________________________________________________________________________
Cara Supaya Ratu tidak Pindah (Rak Toples)
Kali ini flodesta akan berbagi ilmu lagi nih sob cara supaya ratu tidak pindah ke sarang toples lain. Untuk sahabat flodesta yang saya hormati. Bagi anda yang sudah mencoba menjalankan ternak kroto menggunakan rak toples mungkin pernah mengalami sarang yang ada ratunya dan semutnya berpindah ke toples lain sehingga menyebabkan toples jadi kosong. Apabila toples banyak yang kosong kan percuma di tempatkan di rak. Karena kita juga tidak tahu mana tempat yang di anggapnya nyaman dan enak menurut semut rangrang. Kita hanya berusaha semaksimal mungkin membuat sarang buatan jadi betah untuk tempat tinggal semut ranggrang.

foto by kroto kerangga

Menurut mas bro tempat yang nyaman adalah tempat yang ada ratunya. Karena para aparatnya akan selalu mengikuti sang ratu kemanapun dia pergi. Tetapi juga tidak selalu semut rangrang ini tidak nyaman tanpa ada ratu.

Bagaimana caranya sekarang supaya ratu tidak pindah ke toples yang lain dalam satu rak? Oke sob akan saya coba langsung kasih tahu caranya

Cara pertama:
Siapkan toples kosong dan solder (memudahkan untuk melubangi toples) Sebelum kita memasukan sarang baru coba lubangi toples sebesar lubang solder ( intinya lubang tidak bisa untuk keluar ratu). Buat lubang sekitar diding toples dan atas toples secukupnya saja. Supaya ratu tidak bisa keluar dari toples. Kalau semut prajurit dan semut bekerja memang kita biarkan keluar masuk untuk membawa makanan dan mengeluarkan kotorannya sendiri.

Bagaimana kalau sudah terlanjur ada semut rangrangnya?. Gampang sob, coba persempit lubang tersebut dengan cara menutup sebagian lubang yang lebar dengan solasi atau plester sehingga hanya bisa untuk keluar semut bukan ratunya.

Perhatikan toplesnya jika terjadi penguapan atau terdapat embun didalam toples segera berbanyak lagi lubangnya.

Bagaimana cara memberi makananan ternak semut rangrang kalau lubangnya sempit?. Untuk cara yang ini sudah flodesta bahas pada postingan sebelumnya.

Cara kedua.
Teknik yang ini merupakan masukan dari teman teman flodesta yang coba share kepada saya. Caranya adalah membuat tempat khusus untuk ratu. Jadi begini, untuk toples utama kita biarkan tetep ada cuma hanya menambahkan toples kecil di atasnya untuk tempat ratu saja. Untuk lubang toples ratu tetep kecil seperti cara yang pertama.

Bisa di lihat gambar rak toples

Bagaimana sobat, apakah sudah ada gambaran masuk kedalam pikiran anda. Cara mana yang bisa dipilih. Semuanya mas bro serahkan pada sedulur kabeh. Karena mas bro tidak bisa memaksa dengan salah satu cara di atas. Pilihlah mana yang menurut anda enjoy.
_________________________________________________________________________
Cara Mendeteksi Sarang Toples Ada Ratunya
Sebenarnya cara mendeteksi apakah sarang di toples ada ratunya sudah pernah flodesta coba beberapa bulan yang lalu. Tetapi mas bro belum sempat bagikan kepada sedulur kabeh. Salah satu kendala yang di alami adalah ketika ingin memperlihatkan ratunya di dalam sarang semut rangrang yang ada di toples. Toples memang kelihatan transparan tetapi tidak mudah untuk melihat sang ratu karena tertutup dengan jaring jaring sarang. Apalagi kalau sembunyi di dalam yang sarangnya besar, sudah tertutup semut, kroto, di buntel jaring sisan. Piye meh ndelok kene. Kecuali tempat ratu di pisah tentunya akan berbeda masalahnya. La wong ketok jelas kok di goleki. haha...


Cara yang paling mudah untuk mendeteksi ratu, sangat mudah sekali bagi mas bro ( neng toples lo ya..)

Pertama. Cara ini bisa kita lihat secara langsung dengan mata telanjang. Kita bisa lihat secara langsung pada toples. Ratu biasanya ada pada tepi atau pinggir dinding dalam toples, cari sekeliling toples juga dari atas.. Bisa di lihat pada tempat yang agak terang, pasti akan kelihatan itu ratunya. Cirinya di kelilingi anak buahe.

Kedua. Cara yang kedua kita bisa langsung balik itu toples dengan membuka tutup toples. kemudian kita buat sedikit " kejutan ". tusuk jaring atau bisa di "sobek sobek " plus di ketuk ketuk sitik sebagian toplese. Pokoknya sarang di buat sedikit kacau. Ojo kabeh sarange di sobek. Kita tunggu sebentar. sabarrrrr......sang ratu akan naik secara perlahan lahan tapi pasti. Kesulitan jika ratu di dalam toples terlalu banyak, nunggune kesuwen bro. Jangan takut sarang tidak kembali. Setelah aman para semut rangrang akan membentuknya lagi, di jahit meneh.

Ketiga. Cara ini agak sedikit ekstrim jika kita tidak sabar. Cara ini lebih joss gandos yaitu di bongkar semua itu sarang. Beress............Dijamin kelihatan semua.
_________________________________________________________________________
Cara Panen Kroto Media Toples
Saat yang di nanti oleh teman flodesta yaitu cara panen kroto semut rangrang dari toples. Penantian yang menegangkan, karena harus berhadapan banyak semut rangrang. Siap di keroyok oleh gigitan dengan rasa yang sangat perih sekali. Misalkan harus digigit 1 semut saja, saya kira masih bisa di atasi. Tetapi bagaimana jika jumlah semut rangrang ratusan bahkan sampai ribuan.


Setelah melihat toples sudah banyak kroto. Pasti sobat berpikir untuk mengambil dan memanen. Entah mau di gunakan untuk kebutuhan sendiri, pakan burung, mancing dan di jual. Tetapi bingung caranya supaya tidak di gigit untuk mengambil krotonya. Apakah mau di panen atau di biarkan saja jadi banyak untuk bibit. Panen kroto di media toples sebenarnya sangat mudah, asalkan kita tahu caranya.


Berikut yang harus di siapkan:
1. Sarung tangan karet
Untuk apa sih sarung tangan. Supaya kulit kita tergigit secara langsung

2. Tepung pati
Digunakan untuk melumuri sarung tangan dan dinding ember.

3 Ember (2)
satu sebagai tempat membongkar toples sedangkan yang ke dua untuk tempat kroto.

3. Batang kayu kecil / sapu lidi

untuk merobek jaring putih.,atau sobat bisa gunakan langsung memakai tangan ( sudah terlindungi sarung tangan+ tepung )

Pengambilan kroto bisa di tepuk tepuk setelah jaring di robek. kroto akan jatuh kebawah. Dibawah kan masih ada tutup toples, ketika kroto sudah diatas tutup toples. Ambil segera tutup toples yang sudah terisi kroto dan pindahkan ke tempat khusus untuk kroto, sebelum menyatu lagi dengan semut rangrang.

Atau kroto di tumpahkan di tempat ember tersendiri. Begitu seterusnya.
_________________________________________________________________________
Jangka Waktu Untuk Panen Kroto
Berapa jangka waktu panen kroto, apakah setiap hari, minggu, bulan? Pertama kali budidaya ternak kroto mas bro hanya mempunyai 1 toples sarang semut rangrang yang dapat dari alam. Tentunnya tidak bisa langsung panen, karena kroto saya ambil semua sebelum mas bro masuk kan ke dalam sarang toples. Dimana untuk membuktikan apakah semut rangrang yang kita ternak mau produksi dan menghasilkan telur yang nantinya akan terlihat. Ada ratunya loh.. Kemudian mas bro biarkan selama satu bulan baru bisa menghasilkan kroto siap panen.


Setelah tahu menghasilkan telur, akhirnya mencoba menambah lagi toples plus ratu di setiap sarang. Alhasil waktu panen jadi berkurang. Berhubung sarang semut rangrang sudah berkurang dan langka di jumpai di daerah mas bro. Eksperimen saya hentikan sementara menunggu dapat pasokan lagi dari alam, penjual kroto dan pemburu kroto. Sedangkan hasil kroto, mas bro hanya di konsumsi untuk kalangan sendiri. Sekedar informasi sekarang pasokan kroto untuk kota semarang (khususnya) di dominasi dari luar kota

Jika sobat hanya mempunyai 1 toples untuk proses panen akan membutuhkan waktu lama. Berbeda kalau mempunyai sarang banyak. Anda bisa kumpulkan kroto dari setiap sarang, nantinya kan jadi banyak.hehe.. Misalkan saja 50-100 toples kemungkinan hasil kroto akan lebih banyak dan jangka waktu panen yang di butuhkan akan lebih pendek.ok

Kesimpulan: apabila ternak kroto jangan tanggung, perbanyak sarang dan ratu secara bertahap. Supaya dapat hasil yang memuaskan. Anda bisa mengatur jadwal sendiri, kapan waktu untuk panen. Apakah setiap hari, minggu atau bulan. sak karepmu. wkwkw....

Semoga bisa menambah ilmu tentang ternak kroto.
_________________________________________________________________________
Sumber: Flodesta.blogspot.com