Selain Mendapatkan Untung juga Memberikan Kemanfaatan Bagi Banyak Orang dengan Membuka Usaha Perpustakaan dan Toko Buku Diskon


Membaca berarti membuka jendela dunia. Banyak membaca berarti banyak Ilmu. Banyak ilmu berarti banyak tahu tentang segala sesuatu di kehidupan ini. Banyak tahu berarti memiliki wawasan yang luas. Mengetahui bagaimana cara memandang kehidupan ini, cara menjalani kehidupan ini, dan cara mengatasi segala persoalan yang ada. Apa yang harus dipikirkan dan apa yang harus dilakukan? Apa yang ingin kita ketahui? Bagaimana cara kita mendapatkan pengetahuan itu? dan apa nilainya bagi kita?
Tradisi membaca di kalangan anak muda Indonesia sudah cukup baik. Rasa haus akan ilmu pengetahuan tampaknya mendasari hal tersebut. Apalagi untuk anak-anak terpelajar mulai dari TK, SD, SMP, SLTA, SMK hingga sampai anak-anak kuliahan di kampus. Namun, minat yang tinggi untuk menuntut ilmu tersebut tidak akan lebih baik  jika tidak dibarengi dengan kemampuan mereka untuk membeli buku. Harga buku di Indonesia bermacam-macam dari mulai yang murah hingga sampai yang mahal. Buku dikatakan masih menjadi barang yang relatif mahal karena memang harganya masih belum terjangkau oleh semua kalangan. Karena itu alternatifnya adalah meminjam ke perpustakaan.
Perpustakaan memang tersedia di kampus dan sekolah-sekolah. Akan tetapi, koleksinya biasanya masih minim dan didominasi oleh buku-buku lama. Anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis. Apalagi jika Anda memang gemar membaca buku. Dengan demikian, sebagai modal awalnya, buku-buku sudah tersedia.
Bisnis ini mempunyai prospek yang baik. Buku yang Anda beli bisa dipinjamkan berkali-kali hingga memberikan untung yang tidak sedikit. Untuk lokasi, Anda harus mencari lokasi di dekat kampus dan atau sekolah.
Jika Hanya meminjamkan buku, bisnis yang Anda lakukan cenderung akan berjalan lambat. Karenanya, Anda dapat menggabungkannya dengan usaha Toko Buku Diskon. Diskon yang dimaksud adalah harga buku yang lebih murah dibandingkan dengan harga buku di toko-toko besar.
Selain itu, Anda dapat pula bekerja sama dengan penerbit buku kecil untuk menjual buku-buku mereka. Bahkan, pada beberapa waktu terakhir ini, ada kecenderungan penerbit kecil yang mampu menghasilkan buku yang bagus yang banyak dicari orang. Buku ini biasanya tidak masuk jaringan toko besar. Mereka memasarkannya lewat toko buku kecil di wilayah kampus.

    A. Memulai Bisnis
            Ada beberapa tahap yang harus dilalui untuk memulai bisnis ini, yaitu sebagai    
          berikut.
v     Menentukan lokasi. Lokasi harus dekat dengan lingkungan kampus. Tidak perlu di tepi jalan raya. Sebisa mungkin ada tempat untuk membaca. Mungkin Anda harus mempertimbangkan lokasi dengan halaman yang cukup sehingga ada ruang bagi pengunjung yang hanya mau melihat-lihat saja. Jangan lupa perhatikan lokasi dengan cahaya yang baik agar buku-buku koleksi Anda tidak cepat rusak. Interior, berupa rak-rak buku dan kursi untuk pengunjung. Usahakan pengunjung nyaman dengan keadaan perpustakaan.
v     Koleksi buku. Anda dapat membeli buku di tempat penjualan buku murah. Bahkan, Anda dapat melihat ke lokasi penjualan buku bekas. Jika teliti, Anda akan mendapatkan buku langka yang bernilai tinggi dengan harga yang sangat-sangat murah. Selain itu, Anda pun dapat membeli majalah-majalah bekas edisi khusus yang biasanya artikelnya banyak dicari oleh mahasiswa. Lengkapi perpustakaan Anda dengan koleksi majalah lama. Jagalah koleksi buku Anda dengan menyampulnya dan meletakkan di tempat yang tidak lembab. Untuk koleksi berharga, Anda dapat menyimpannya di lemari kaca dan tidak boleh sembarang dipinjam. Buku adalah komoditas utama bisnis Anda. Jagalah buku dengan baik.
v     Menentukan sistem peminjaman yang akan Anda terapkan. Lebih aman jika Anda menerapkan sistem kewajiban member menyimpan sejumlah uang tertentu sebagai akun. Uang tersebut dapat diambil jika pelanggan memutuskan untuk keluar sebagai member. Selain itu,selalu meng-update, data member secara berkala. Member yang selama setahun tidak ada kabarnya, keanggotaannya dapat dibekukan sampai ia mengonfirmasi lagi data pribadinya. Selain itu, berhati-hatilah dengan data alamat yang diberikan member. Jangan sampai buku koleksi Anda hilang karena tidak dikembalikan oleh pelanggan atau peminjam.
v     Buatlah sistem keluar masuk buku dengan benar. Anda dapat mempekerjakan mahasiswa jurusan perpustakaan karena mereka yang lebih tahu cara menetapkan system ini.
v     Buatlah pojok khusus untuk toko buku Anda. Pisahkan dari perpustakaan.
v     Menentukan strategi pemasaran, yaitu cara agar banyak pengunjung yang datang ke tempat Anda.

    B. Hambatan bisnis
Berikut beberapa hambatan yang mungkin akan Anda hadapi dan harus Anda perhitungkan.
v     Masih kurangnya minat orang untuk membaca dan membeli buku. Oleh karena itu, rancanglah sebuah ide untuk merangsang orang gemar membaca.
v     Pesaing lain, jika sebelumnya sudah ada usaha sejenis. Buatlah tempat Anda berbeda dari pemain lama.
v     Buku yang hilang dan rusak.
v     Beberapa buku yang tidak terjual. Anda dapat menyiasati sistem perjanjian dengan penerbit.

    C. Strategi bisnis
Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menarik minat peminjam dan pembeli, di antaranya sebagai berikut.
v     Buatlah lokasi perpustakaan dan toko Anda selalu ramai. Anda dapat bekerjasama dengan penulis pemula dari kalangan mahasiswa setempat yang ingin launching buku. Buat juga acara semacam bedah buku secara berkala. Dengan acara-acara tersebut, akan banyak orang yang datang sehingga tempat Anda akan ramai. Diharapkan, dari para pengunjung tersebut ada yang tertarik untuk menjadi member atau membeli buku.
v     Selalu melengkapi koleksi buku Anda. Jadi, Anda harus menyisihkan sebagian keuntungan tiap bulan untuk menambah koleksi buku. Pengunjung akan kecewa jika buku yang dicarinya tidak ada. Mereka pasti akan menilai perpustakaan Anda tidak lengkap. Buku-buku yang sudah rusak hendaknya diganti dengan cetakan baru. Kecuali untuk buku-buku khusus yang bernilai tinggi, cetakan pertamanya layak Anda jadikan koleksi.
v     Menyediakan papan pengumuman tentang koleksi terbaru Anda. Promosikan bahwa perpustakaan Anda selalu melengkapi koleksi buku dengan buku-buku yang up to date.
v     Terapkan interior yang hommy sehingga pengunjung senang dan betah berada di perpustakaan Anda.
v     Sediakan koleksi buku yang paling dicari mahasiswa. Misalnya,jika lokasi perpustakaan Anda dekat dengan kampus seni, hendaknya koleksi buku pun tentang hal-hal yang berkaitan dengan seni. Begitu juga jika lokasi perpustakaan Anda berdekatan dengan kampus kesehatan, buku tentu harus hal-hal yang berkaitan dengan ilmu kesehatan atau kedokteran. Tetapi, jika usaha Anda sudah berkembang pesat, koleksi buku Anda harus beragam, tidak condong pada satu bidang saja.
v     Bekerja samalah dengan pengusaha lain, misalnya saja orang yang tertarik membuka kafe kecil di samping lokasi Anda, atau orang yang berniat membuka warnet. Bekerjasamalah untuk melakukan promosi bersama-sama.
v     Pelayanan yang ramah. Walaupun orientasinya bisnis, tetapi lebih baik jika suasana yang ditampilkan adalah suasana kekeluargaan. Mereka akan lebih senang berkunjung ke perpustakaan yang pemiliknya ramah dan banyak tahu mengenai dunia perbukuan.
v     Berpromosilah lewat internet. Bahkan jika memungkinkan, Anda dapat menyediakan jasa pemesanan buku online.
v     Khusus untuk member, Anda dapat memberikan bonus secara cuma-cuma. Misal, gratis meminjam satu buku jika meminjam tiga buku, atau gratis meminjam buku pada hari ulang tahunnya. Keanggotaan tersebut dapat pula dijadikan kartu diskon untuk membeli buku di toko buku Anda. Cobalah untuk membuat pengunjung betah dan nyaman.

    D. Analisis Bisnis
Untuk harga sewa, Anda dapat menerapkan sekitar sepululb persen dari harga buku. Anda pun harus membedakan lamanya peminjaman buku. Buku yang tipis cukup diberi waktu seminggu. Buku yang tebal bisa diberi waktu selama satu bulan, tidak boleh lebih. Dengan asumsi tersebut, buku Anda akan menghasilkan laba jika sudah dipinjam sebanyak sepuluh kali. Berikut adalah contoh analisis bisnisnya.
Modal Awal:
Peralatan:
Renovasi tempat usaha                                   Rp             2.000.000,00
Rak-rak lemari kayu                                        Rp             3.000.000,00
Meja administrasi + kursi                                Rp                300.000,00
Karpet + bantal                                               Rp                750.000,00
Meja + kursi plastik                                         Rp                750.000,00
Dekorasi interior                                             Rp                300.000,00
Jumlah                                                             Rp             7.100.000,00

Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 7.100.000,00 - Rp 1.000,00) / 4 = Rp 1.774.750,00 per tahun atau sama dengan Rp147.895,00 per bulan.

Koleksi buku dan majalah (bacaan)                Rp             2.500.000,00
Koleksi buku untuk dijual                               Rp             1.000.000,00

Perlengkapan
Kalkulator                                                       Rp                  75.000,00
Kantong plastik                                               Rp                100.000,00
Kartu anggota                                                 Rp                100.000,00
Alat tulis                                                         Rp                100.000,00
Jumlah                                                             Rp                375.000,00

Perhitungan Laba/(Rugi) per Bulan
Pendapatan:
Pemasukan dari peminjaman + penjualan buku
Rp150.000,00 x 30 hari                                  Rp             4.500.000,00

Biaya-biaya:
Harga pokok buku                                          Rp             1.000.000,00
Sewa tempat                                                   Rp                500.000,00
Listrik + air + telepon                                     Rp                300.000,00
Gaji karyawan                                                 Rp                650.000,00
Listrik                                                              Rp                100.000,00
Biaya perlengkapan                                         Rp                375.000,00
Biaya penyusutan peralatan                            Rp                147.895,00
Jumlah biaya                                                   Rp             3.072.895,00
Laba Bersih                               Rp       1.427.105,00
Catatan: Analisa harga peralatan, perlengkapan, dan biaya-biaya lain wirausaha / bisnis bisa berubah kapan saja seiring waktu menyesuaikan keadaan ekonomi setiap daerah.
Wirausahainfo.blogspot.com
 Motivasi dan inspirasi...