Memulai Usaha Ataupun Bisnis Haruskah Bermodal Besar?


Wirausahainfo.blogspot.com. Alasan utama bagi manusia untuk membuka uasaha adalah faktor ekonomi. Jika ada yang memulai bisnis dari sekedar hobi mungkin jumlahnya jauh lebih sedikit dan lagi-lagi itu masalah ekonomi. Keadaan ekonomi seseorang yang mendesak untuk berpikir dan bertindak, sebagian memilih untuk menjadi pekerja, dan sebagian lagi memilih untuk berbisnis. Jika ada pertanyaan yang ditujukan kepada saya, mana yang harus saya pilih: menjadi pekerja atau berwirausaha/berbisnis? Jawaban saya adalah "Berwirausaha/berbisnis".

Mayoritas orang menganggap bahwa memulai suatu usaha harus dimulai dengan jumlah uang yang besar, atau butuh modal yang besar. Benarkah demikian?.

Saya teringat dengan apa yang disampaikan dosen saya Prof. Sutrisno ketika beliau sedang mengajar di kelas bahwa "Modal itu bukanlah Uang..! akan tetapi Modal itu adalah Keberanian". Kemudian saya jabarkan berdasarkan sudut pandang saya sendiri, bahwa yang namanya modal itu adalah: Pertama, Kemauan dan Keberanian. Menjadi kaya itu Mudah jika anda memiliki kemauan dan keberanian yang BESAR..! Adanya kemauan dan keberanian yang besar maka hal itu akan mendatangkan uang dari manapun yang penting uang itu halal, guna memulai usaha atau bisnis yang akan digeluti. Tapi jangan lupa anda juga harus terus berdoa, berjuanglah dengan keras dan teruslah semangat.! Jika anda ingin meminta sesuatu kepada sang penguasa jagad raya ini, yang maha segala-galanya, berarti anda sebelumnya harus memenuhi kewajiban anda sebagai makhluk-Nya, yaitu dengan penghambaan diri kepada-Nya, melaksanakan perintahnya dan menjauhi segala larangan-Nya. Kemudian biasakanlah sholat dhuha pada pagi hari yaitu sholat untuk meminta rizki. Kedua barulah modal Uang. Mannusia itu adalah pikiran dan tindakannya. Jika tidak punya modal uang yang cukup untuk usaha yang akan digeluti, anda harus berpikir jernih dan segera bertindaklah setelah anda benar-benar memiliki modal utama yaitu kemauan yang keras dan keberanian yang besar bagaimana caranya untuk mendapatkan modal uang tersebut.


Ada resep jitu dari Ir. Hengky Eko Sriyantono franhisor bakso Malang kota untuk mengatasi kebimbangan dan kegamangan masalah modal:

1. Ubah mindset anda yang beranggapan bahwa suatu usaha hanya bisa dimulai jika mempunyai sejumlah uang yang banyak sebagai modal. Manfaatkanlah berbagai potensi untuk bisa menghimpun modal yang diperlukan seperti memanfaatkan jaringan relasi dan reputasi baik yang dimiliki untuk bisa mendapatkan pinjaman lunak dari kolega atau relasi.

2. Hilangkan anggapan bahwa memulai usaha harus langsung besar dan mapan. Kebanyakan para pengusaha sukses merintis usaha mereka mulai dari nol lengkap dengan segala pahit getirnya perjuangan mereka.

3. Tekan kembali perhitungan uang modal usaha anda. Sebagai contoh untuk mengurangi keburukan sewa tempat, anda bisa patungan bagi hasil dengan teman yang memiliki lokasi usaha yang bagus.

4. Kreatiflah mencari sumber-sumber permodalan yang bisa dimanfaatkan, jika memang kebutuhan modal hasil hitungan anda sudah tidak bisa ditekan lagi. Sumber-sumber permodalan ini bisa berasal dari institusi keuangan, misalnya dari orang tua, sanak saudara atau sahabat.

Masa lampau dan masa sekarang akan muncul di masa depan, masa depan terdapat di masa  sekarang. Seorang pengusaha harus memiliki kemauan dan keberanian untuk memulai suatu usaha walaupun dengan modal uang yang relatif kecil. Pikirkanlah usaha apa yang kira-kira membutuhkan modal kecil dan memberikan penghasilan yang besar. Namun pada umumnya jika modal kecil dengan usaha kecil maka tingkat resikonya juga akan kecil dan pemasukannya juga relatif kecil. Sebaliknya jika modal besar dengan usaha yang besar maka tingkat resikonya juga semakin besar dan penghasilannya pun juga cukup besar. Semuanya tergantung pada anda. Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum jika kaum itu sendiri tidak merubahnya. Kemudian pertanyaannya adalah: Apa yang harus dirubah dari seseorang atau kaum itu? Jawabannya adalah "State of mind and role of thinking" bagaimana cara ia berpikir, bagaimana cara ia memandang kehidupan. bagaimana cara ia mengatasi segala persoalan.

Berikut ada beberapa kata kunci peluang usaha sekiranya cocok untuk pengusaha yang bermodal kecil bisa di cari di google atau di pencarian pojok atas pada blog ini:
1. Bisnis makanan dan minuman seperti kue, roti, jus buah, bakso, soto, mie ayam, dan lain sebagainya.
2. Bisnis kerajinan seperti souvenir pernak-pernik kebutuhan rumah tangga dan lain-lain.
3. Bisnis jasa seperti potong rambut, usaha jahit, obras, konsultan, pengurusan surat-surat.
4. Memasarkan produk atau jasa orang lain. Sebaliknya prodak atau jasa yang dipilih adalah produk atau jasa yang banyak dibutuhkan oleh orang dan memiliki prospek pasar yang cukup luas.

Wirausahainfo.blogspot.com
 Motivasi dan inspirasi..