Warung Makan Gocengan


Sebutan warung adalah nama tempat makan sederhana yang menyajikan berbagai menu makan yang menarik namun murah. Meskipun murah namun kebersihan makanan harus tetap dijaga agar konsumen tidak kapok berkunjung karena sakit setelah makan diwarung kita.  Sebenarnya selama ini memang sudah ada warung yang dikenal murah meriah harga makanannya seperti warung padang dan warung tegal. Kedua warung ini memang mempunyai segmen konsumen dari orang biasa yang sangat sensitif terhadap harga makanannya. Segmen pasar dari warung gocengan ini bisa berasal dari berbagai kalangan dari orang biasa, pegawai, buruh, hingga mahasiswa.

Meski tidak menggunakan tag nama sebagai warung padang ataupun warung tegal kita masih dapat berwirausaha membuka usaha kuliner dengan pangsa pasar disegmen bawah dengan keunggulan harga makanan yang terjangkau bagi kebanyakan orang. Dengan membuka warung makan gocengan maka diharapkan  calon konsumen tidak takut datang karena uang mereka yang terbatas. Meski namanya gocengan tidak mesti harganya pas Rp 5.000 per porsi namun range harga makanannya berkisar antara Rp 5.000 – Rp 7.000 perporsinya.

Meski dengan harga makanan yang murah tidak berarti menu yang disajikan menjadi terbatas, namun bila cerdik para pengusaha warung ini dapat meramu bahan-bahan makanan yang mahal dapat dikombinasikan dengan harga bahan yang murah sehingga harga jualnya dikisaran Rp 5.000 an. Karena harga makanannya yang murah maka pemilihan bahan makanan haruslah dipilih dari bahan baku yang murah bukan berarti bahan yang murahan.  Masih banyak pilihan bahan baku makanan yang tergolong murah untuk menekan biaya bahan baku makanan. Berikut ini beberapa jenis bahan baku yang bisa digunakan sebagai bahan mentah :

Tahu – tempe
Meski tahu tempe harganya murah namun kedua bahan makanan ini terkenal sangat bergizi tinggi. Tahu tempe adalah menu yang sangat akrab dilidah kebanyakan orang Indonesia. Tahu tempe bisa diolah dalam beberapa macam misalnya goreng kering, orek tempe, tahu bacem, mendoan, tahu isi, tahu balado, sambal goreng tahu dan sebagainya.

Sayuran
Pada umumnya harga sayuran tergolong murah dari kangkung, bayam, daun singkong, wortel dan masih banyak lagi. Sayuran ini bisa disajikan sebagai menu utama yaitu nasi sayur dalam menu.

Ikan asin & Ikan teri
Ikan asin dapat diolah dalam banyak masakan, hampir semua ikan laut bisa dijumpai dalam kondisi yang sudah diasinkan.

Kepala dan ceker ayam
Ada beberapa bagian ayam yang dijual murah yaitu kepala dan ceker ayam. Dengan menyajikan menu istimewa kepala dan ceker ayam ini dapat diolah menjadi makanan yang layak dan enak untuk dinikmati.

Udang
Kebanyakan udang memang tergolong bahan makanan yang mahal seperti udang windu dan lobster. Namun untuk udang ukuran kecil tidaklah terlalu mahal untuk dijadikan bahan baku sajian makanan.

Jerohan ayam
Jerohan ayam juga tergolong bahan makanan yang tidak terlalu mahal karena jerohan ini terkadang banyak orang tidak terlalu suka. Jerohan ayam bisa terdiri dari jantung, hati ampela dan usus. Dengan sedikit ketrampilan jerohan ini dapat diolah menjadi makanan yang sedap dimakan seperti jeroan bumbu kecap, jeroan goreng, usus tepung, usus bumbu rujak, keripik usus dsb.

Ikan lele
Ikan lele tergolong ikan darat yang mudah dicari karena tidak mengenal musim panen dan harganya yang cenderung stabil dan tidak mahal menambah opsi bahan baku makanan. Ikan lele dapat diolah menjadi lele goreng, pepes lele, lele bumbu bali dan masih dapat diolah kedalam berbagai masakan lainnya.

Telur
Telur adalah bahan makanan paling mudah dijumpai dibandingkan dengan bahan lainnya. Telur dapat terdiri dari telur ayam, telur puyuh, telur bebek dan telur ayam kampung. Harga telur yang lebih murah dibandingkan bahan makanan lainnya seperti daging sapi dan daging ayam oleh karenanya telur dapat menjadi tambahan pilihan.    

Dari beberapa bahan baku makanan diatas mungkin dapat anda tambah sendiri tergantung ketersediaan bahan baku yang murah ditempat anda masing-masing. Kemudian dari bahan baku tersebut dapat dimasak dalam berbagai menu yang lezat namun murah seperti menu soto ayam, pecel lele, mie ayam, nasi campur dan berbagai jenis menu masakan lainnya.

Meski warung makan gocengan dengan pangsa yang besar tidak serta merta memuluskan keberlangsungan usaha warung makan tersebut. Ada beberapa penyebab kegagalan dari usaha warung makan diantaranya adalah :
1. Motivasi usaha membuka warung
Meski seolah-olah mudah dan gampang, namun berwirausaha membuka warung makan murah haruslah dilandasi bahwa hal tersebut adalah bisnis yang harus dipersiapkan secara serius, ketekunan serta  keuletan. Kerja keras, kerja cerdas, kerjasama dan ikhlas adalah landasan utama dalam berwirausaha agar sukses.  

2. Segmentasi yang kurang pas
Pemilihan pangsa pasar akan menentukan menu makanan yang disajikan termasuk harga yang terjangkau dengan segmen pasar tersebut, misalnya untuk segmen anak-anak sekolah selain harga murah juga menu yang dipilih adalah menu yang disukai anak-anak misalnya: bubur ayam atau mie ayam.

3. Biaya operasional yang terlalu mahal
Biaya operasional diharapkan dapat ditekan seminimal mungkin karena margin keuntungan yang tipis. Seandainya biaya operasional yang tinggi maka resiko bahwa biaya tidak dapat tertutupi dari harga jual makanan akan semakin besar dan resiko kegagalan usaha semakin tinggi.

4. Manajemen keuangan yang tidak bagus
Kecerdasan dalam mengelola modal dan arus kas adalah termasuk faktor utama selain kesuksesan mendapatkan pelanggan. Kegagalan usaha dapat pula disebabkan pemilik usaha kurang pandai dalam mengelola keuangannya. Dalam mengelola usaha warung makan, modal yang digunakan diharapkan dapat mendatangkan arus kas yang memadai untuk menutupi biaya operasional, syukur-syukur dengan semakin lama berwirausaha akan semakin pandai dalam mengelola arus kas sehingga warung makan gocengannya dapat berkembang dengan baik.