Usaha Pembuatan Tempe (Bahan dan Resep)


Cara Membuat Tempe dan Manfaat tempe. Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang telah dikenal luas oleh masyarakat indonesia. Hanya saja tidak semua orang tahu cara membuat tempe, resep dan cara pembuatan tempe. Kalau anda hobi makan tempe baik tempe goreng yang sering dipikul lewat depan maupun yang dimasak sendiri, tidak ada salahnya jika anda belajar cara membuat tempe, siapa tahu bisa berkembang jadi pengusaha tempe.

Sebelumnya saya juga pernah menulis cara membuat telur asin bisa anda lihat disini, nanti akan saya sambung dengan tulisan yang lain cara membuat tahu, resep dan bahan-bahan pembuatan tahu, untuk saat ini kita akan bahas cara pembuatan tempe serta bahan-bahan yang dibutuhkan untukproses pembuatan tempe.

Mengetahui tentang tempe dan  Manfaat Tempe
Tempe adalah makanan khas indonesia terbuat dari fermentasi biji kedelai atau beberapa jenis kapang Rihizopus lainnya. seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Fermentasi umum menggunakan ‘ragi tempe‘.

Manfaat makan tempe
Tempe memiliki banyak manfaat kendatipun tidak semua tahu tentang manfaat tempe, jika sebagian besar orang indonesia menyukai tempe karena makan ringan dan murah ini sangat enak dimakan, baik sebagai bahan campuran sayur, lauk pauk maupun sebagai makanan ringan. Sedangkan manfaat tempe itu sendiri teutama untuk kesehatan al:
1. Mencegah penyakit anemia dan osteoporosis (pengeroposan tulang).
2. Menurunkan kadar kolesterol. Senyawa protein
3. Mencegah kanker payudara dan penuaan (awet muda)
masih banyak manfaat lainnya dari tempe.

Cara membuat Tempe, Resep dan bahan-bahan  Pembuatan tempe
Sebelum anda membuat tempe pertama kali yang anda siapkan adalah :
1. Peralatan dan bhan-bahan yang diperlukan:
2. Wadah dan panci cukup besar utk merendam dan merebus kedelai
Wadah dgn permukaan lebar untuk mencampur ragi dan kedelai (saya menggunakan alas/cetakan yg ada dalam oven)
3. 4 bh kantong plastik ukuran 1 kg
4. Tusukan gigi berfungsi untuk melubangi plastik
5. Rak berjeruji (rak yg ada di oven/kulkas) untuk alas tempe

Bahan pembuatan tempe,  siapkan  :
 1.Kacang kedelai 2kg
2. Ragi tempe 1 sdm
3. Tepung Sagu/Tapioka 1 sdm
4. Air secukupnya

Proses Dan Cara membuat tempe
Proses Pencucian/Pembersihan. Air direbus dalam panci sampai mendidih dan angkat. Masukkan kedelai kedalam panci berisi air mendidih tadi dan diamkan sampai airnya hangat. Buang kulit kedelai hingga bersih.

Proses Pemasakan. Seteleh itu rebus kedelai sampai airnya mengeluarkan buih/ empuk. Kemudian buang air rebusan tadi hingga kering, masukkan kacang kedelai ke wadah datar. Dimana wadah ini harus diberi alas kain/ handuk agar tempe cepat meresap dan kering.

Proses Peragian. Seteleh kacang kering, pindahkan kewadah yang cekung/ bowl. Masukkan Ragi tempe dan tepung sagu kedalam kedelai, aduk dan campur hingga merata.

Proses Pengemasan. Masukkan tempe kedalam plastik/ daun pisang dan tutup rapat ujung plastik. Tusuk-tusuk plastik secukupnya dari kedua sisi, agar tempe tetap mendapatkan udara.

Proses Penyimpanan. Setelah selesai semua sekarang adalah tahap penyimpanan. Simpan tempe ke dalam tempat/kotak yang hangat. Tutup tempe dengan kain/handuk dan simpan selama 3 hari. Seteleh 3 hari tempe pun siap di olah menjadi aneka masakan.

NB : Ragi tempe dapat diperoleh di penjual kacang kedelai, ragi untuk membuat tempe ini berbeda  dengan ragi roti atau ragi tape yang umumnya kita tahu.