Tips Usaha Cuci Mobil dan Motor


Peluang usaha cuci mobil dan motor, topik ini lah yang membuat saya tertarik untuk memberikan tips-tips yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membuka usaha dibidang jasa. Salah satu peluang usaha yang ramai saat ini adalah usaha cuci mobil dan motor.

Mengapa usaha cuci mobil dan motor menjadi peluang? Saya merasakan sendiri dan melihat keadaan sekeliling saya. Banyak orang yang semakin sibuk dengan kegiatannya masing-masing sehingga untuk perawatan kendaraannya menjadi kurang. Apalagi kalau lagi musim hujan, kalau bukan orang yang rajin, tentunya mereka suka membiarkan kendaraan mereka kotor.

Jasa cuci mobil atau cuci motor akan menjadi peluang bisnis besar. Kebanyakan orang enggan membersihkan kendaraan mereka dengan tangannya sendiri. Sekarang yang berjalan itu adalah uang. Mereka lebih senang membayar seseorang untuk membersihkan kendaraan mereka ketimbang mereka mencuci kendaraanya sendiri.
Mungkin jika Anda memiliki motor atau mobil akan merasakannya sendiri. Sebab saya juga kadang-kadang malas untuk mencuci kendaraan saya. Apa lagi pada saat musim hujan, kendaraan saya setiap hari kotor dan harus di cuci. Saya tidak punya banyak waktu untuk membersihkan kendaraan saya, dan akhirnya saya membayar orang yang mau mencuci motor saya.

Nah, saya memiliki tips bagi Anda yang akan mengambil peluang usaha cuci mobil dan motor. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan Anda untuk membuka usaha ini.

Tempat merupakan kunci kesuksesan
Lokasi atau Tempat merupakan salah satu faktor yang paling menentukan dalam hal mendapatkan pengunjung yang ramai. Jika tempat Anda strategis, maka pengunjung yang akan mencuci pun akan banyak berdatangan. Jika pengunjung ramai tentu saja keuntungan akan diraih dan Anda akan sukses dalam hal ini.

Untuk masalah tempat, jika Anda tidak punya tempat sendiri atau lahan punya sendiri, Anda bisa menyewa tempat yang bisa menampung mobil dan motor. Minimalnya bisa menampung satu atau dua mobil dan dua atau tiga motor. Tempat sebesar itu pun sudah cukup untuk membuka usaha cuci mobil dan motor.

Menyewa tempat sebenarnya merupakan cara yang ringan dari pada Anda membeli tempat. Anda bisa menghitung bagaimana pembiayaannya dengan cara menganalisis usaha cuci motor ini. Keuntungan lain dengan menyewa tempat yaitu jika kurang ramai tempatnya, Anda bisa pindah dan mencari tempat lain yang lebih ramai.

Bagaimana Permodalannya?
Modal untuk membuka usaha cuci mobil dan motor lumayan besar. Anda harus menyiapkan modal untuk menyewa tempat, membeli peralatan cuci motor dan mobil, kemudian biaya promosi untuk usaha cuci mobil Anda. Modalnya Anda bisa hitung sendiri sesuai dengan keadaan daerah Anda.
Apakah perlu karyawan?
Untuk karyawan Anda bisa menentukannya setelah melihat pasar Anda. Jika pengunjungnya ramai dan Anda tidak bisa mengerjakannya sendiri, maka Anda bisa merekrut karyawan sebanyak yang anda butuhkan. Nah, untuk masalah gajinya usahakan pake sistem komisi saja. Karena jika memakai sistem komisi, Anda tidak harus pusing untuk membayar mereka jika usaha Anda sedang sepi.

Jika usaha Anda sedang ramai, tentunya mereka juga akan kebanjiran komisi dari Anda. Anda mungkin mengerti dengan maksud saya. Untuk meningkatkan usaha cuci motor dan mobil yang Anda bangun, Anda bisa menerapkan beberapa aturan pelayanan untuk pelanggan. Anda bisa mentraining karyawan Anda untuk melakukan pelayanan yang ramah.
Contohnya adalah menyapa pengunjung yang datang dengan bahasa yang sopan dan ramah disertai dengan senyuman yang manis, mengucapkan terimakasih ketika pengunjung ketika pengunjung meninggalkan tempat cuci mobil dan motor Anda dan lainnya. Hal ini memang sepele, namun ampuh untuk meraih hati pelanggan.

Untuk mempertahankan konsumen, Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Diantaranya adalah:

1. Penentuan Harga
Harga haruslah kompetitif, artinya Anda jangan pasang harga jasa cuci dengan tarif yang terlalu mahal, untuk menarik mereka datang lagi, Anda bisa memberikan harga yang standar dengan jasa cuci lainnya. Anda juga jangan sampai memberikan tarif yang terlalu murah karena Anda harus mempertimbangkan keuntungan dan membayar karyawan Anda.

2. Buatlah tempat cuci Anda menarik
Tempat yang bersih, rapi dan tertata akan membuat pengunjung betah. Anda bisa mendesain tempat cuci Anda sedemikian rupa agar pengunjung merasa nyaman berada di tempat cuci Anda.

3. Tempat tunggu
Sediakan tempat untuk menunggu bagi pelanggan atau konsumen yang mencuci kendaraannya di tempat Anda. Anda bisa menyetel musik atau lagu-lagu yang harmoni yang nyaman untuk didengar semua orang supaya suasana semakin menyenangkan. Anda juga bisa menyediakan makanan dan minuman yang bida dibeli, konsumen yang menunggu pastinya akan terasa lapar dan ingin ngemil, Anda bisa mengambil keuntungan dari penyediaan makanan dan minuman.

4. Berikan voucher
Setiap kali konsumen Anda mencuci di tempat Anda, Anda bisa memberikan sebuah voucher kepada mereka. Nanti jika mereka sudah mengumpulkan misalnya 10 voucher, Anda bisa memberikan mereka bonus untuk satu kali cuci di tempat Anda. Trik memberikan voucher ini akan menjadi daya tarik usaha cuci mobil dan motor Anda untuk menarik pelanggan datang kembali ke tempat Anda.

Peluang usaha cuci mobil dan motor ini sangat prospek sekali. Keberhasilan usaha Anda tergantung dari pemilihan tempat usaha Anda. Jika Anda memilih tempat yang sukar dikunjungi oleh orang lain, kemungkinan usaha Anda tidak akan berhasil. Sebelum Anda membuka usaha ini, Anda bisa melakukan riset atau survey lapangan terlebih dahulu. Jika memang terlihat ramai, Anda bisa langsung action untuk membuka usaha cuci motor dan mobil milik Anda.

Nah, tertaikkah Anda untuk membuka peluang usaha cuci motor dan mobi ini? Jika Anda tertarik, Anda bisa membangun usaha Anda dari sekarang. Silahkan beri komentar ya atas postingan saya ini. Anda cantumkan saja apa yang Anda pikirkan setelah membaca tips dari saya.

Untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat lainnya, Anda bisa belangganan artikel gratismelalui email Anda. Anda bisa mendaftarkan email Anda di rss feed situs saya ini. Di pojok kanan atas ada sebuah gambar kotak berwarna orange, nah Anda bisa mengklik gambar itu untuk mendapatkan update artikel dari saya.

Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Mohon berikan saran dan kriting yang membangun untuk situs saya ini. Semoga untuk kedepannya situs saya bisa menjadi sebuah situs yang bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk pada pembaca semuanya.

Tips Menarik Pelanggan Cuci Mobil dan Motor
Tidak banyak sih tips yang akan saya sampaikan mengenai tips menarik pelanggan cuci motor. Namun, tips saya bisa menjadi pertimbangan untuk Anda. Jika Anda sudah melakukan tips ini, ya… Anda tinggal meningkatkannya.

Kunci untuk mendapatkan pelanggan itu ada satu kalau menurut saya. Yah, pikiran saya memikirkan satu saja saat saya menulis informasi ini. Jika Anda ingin menambahkan, silahkan tambahkan saja di kolom komentar. 
Kunci utama supaya pelanggan datang kembali adalah Pelayanan. Ya.. Pelayanan menjadi kunci utama untuk mendapatkan pelanggan yang puas dan akan percaya kepada Anda dan setelah mereka percaya bahwa pelayanan Anda memuaskan, saya yakin pelanggan Anda tidak akan lari ke tempat lain.

Nah, pelayanan itu meliputi apa saja sih… Bingung??? coba baca tulisan dibawah ini, dan coba Anda terapkan dan pikirkan.
Pelayanan itu meliputi:
1. Sikap Melayani
Sikap kita dan para karyawan kita haruslah baik dan menyenangkan. Bisa menyenangkan pelanggan Anda dan kualitas dari pekerjaan Anda dan karyawan Anda memang bisa di andalkan. Salah satu sikap yang harus di terapkan adalah selalu ramah kepada setiap orang dengan tidak memandang bulu. Tidak peduli itu siapapun, keadaannya bagaimanapun, kita tetap harus ramah dan selalu menghargai mereka.

Lontarkan senyuman manis kepada setiap pelanggan baru ataupun pelanggan lama kita. Berikan sevice yang terbaik. Jika terjadi kesalahan, Anda harus cepat-cepat memperbaikinya dan meminta maaf atas kesalahan yang Anda lakukan kemudian sebisa mungkin Anda harus menggantinya. Jangan sampai pelanggan Anda merasa kecewa karena kesalahan yang pernah Anda buat atau karyawan Anda yang melakukannya.

2. Tempat
Untuk masalah tempat, ini merupakan bentuk pelayanan yang berikutnya. Saya tanya kepada Anda, apakah Anda suka tempat yang rapi, bersih, harum, dan terawat? Saya yakin jawaban Anda adalah YA! Soalnya siapa sih yang tidak betah dengan tempat seperti itu.
Nah, meskipun tempat kita adalah tempat cuci motor atau mobil, usahakan tempat kita selalu rapi dan bersih dari berbagai macam kotoran. Anda harus membuat tempat cuci motor atau mobil Anda selalu bersih, rapi, harum dan terawat.

3. Fasilitas
Fasilitas wajib ada. Fasilitas yang mesti ada itu adalah tempat tunggu. Pemilik kendaraan tentunya akan menunggu kendaraannya selesai di cuci. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan tempat tunggu yang baik. Kalau bisa sediakan ruang tunggu yang nyaman. Usahakan tempat ini juga selalu bersih dan rapi agar pengunjung betah.

Setelah ruang tunggu, fasilitas lain adalah media baca. Anda bisa menyediakan koran dan majalah untuk dibaca oleh pengunjung Anda yang sedang menunggu. Dengan begitu, mereka tidak akan merasa bosan dan lama menunggu. Sediakan juga TV, agar para pengunjung juga bisa nonton dan tidak bosan.

Fasilitas selanjutnya adalah jajanan. Anda harus menyediakan jajanan yang bisa dibeli oleh pera pengunjung Anda. Misalnya makanan ringan, minuman, kue, roti, rokok, dan lain-lain. Fasilitas ini bisa menambah income Anda juga. Ini penting untuk double income.

Nah, itulah informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan memberikan masukan ilmu kepada Anda. Jangan pernah menyerah dengan usaha yang sedang Anda jalankan sekarang, bentuk sebuah program kerja yang jelas dan terorganisir, lakukan menajemen yang baik dalam usaha Anda. Jika Anda selalu fokus dengan tujuan Anda, saya yakin usaha Anda akan sukses. Semoga Bermanfaat.. :-)