Ternak Ras Kucing Populer di Indonesia dan Dunia


Beberapa Ras Kucing yang Populer di Dunia dan di Indonesia

Menurut data Cat Fanciers Association , dari daftar yang masuk ke CFA di tahun 2010, inilah ras Kucing yang popular di Tahun 2010 lalu :1. Persian2. Maine Coon3. Exotic4. Ragdoll5. Sphynx.6. Siamese7. Abyssinian8. American Shorthair9. Cornish Rex10.Birman
Dalam Blog ini Saya akan Lebih banyak membahas ras kucing yang telah ada di Indonesia, karena akan sulit bagi penggemar kucing untuk mendapatkan kucing bila kucing tersebut tidak ada di Indonesia.

Sebelum saya masuk ke ras kucing, saya sering mendapat pertanyaan, Apakah bapak punya kucing Angora ? Ini yang sulit saya jawab, karena selama pekerjaan saya membantu teman2 mengimport kucing, belum pernah ada yang mengimport kucing ras murni Angora. Angora yang sering ditanyakan oleh masyarakat umum adalah kucing yang mirip ras " angora".  Sepengetahuan saya bila ras murni Angora tidak mungkin penjualnya menjual dengan harga di bawah 2 Jt, karena biaya import dan ongkos kirimnya saja sudah sekitar rp 20 jt, dan belum pernah saya mendapatkan kucing ras murni yang baik dan berkwalitas di bawah harga rp 15 jt, jadi minimum rp 35 jt per ekor. jadi yang dimaksud Kucig Angora oleh awam adalah kucing persia pet quality atau yang hidungnya tidak sesuai dengan standart modern Persia sekarang. Dan salah kaprahnya lagi banyak penjual yang juga mempromosikan Kucing "Angora". Jadi saya kasihan pada peternak yang berdedikasi mengembangkan Kucing murni ras Angora di Indonesia. ada kemungkinan dia tidak dapat mengembangkannya karena harganya jatuh karena salah persepsi ini.

Dari ensiklopedia yang saya baca ada lebih dari 47 kucing ras di dunia, sedangkan dari data yang saya punya ras-ras Murni yang baru masuk ke Indonesia berdasarkan urutan popularitas adalah :
1. Persian
2. Exotic.
3. Maine Coon
4. Sphynx
5. bengal
6. Scottish Fold
7. Norwegian Forest Cat
8. American Curl
9. Siamese
10. Ragdoll
11.  Brittish short Hair.
12. American Short Hait
13. Oriental
14. Munchkin

Dari data diatas , anda dapat melihat betapa masih banyaknya kucing ras lain yang belum pernah kita lihat di Indonesia, banyak pertanyaan ke saya apakah perkembangan kucing ras di Indonesia sudah jenuh?, saya menjawab wow, untuk jenuh di Indonesia rasanya butuh 100 tahun lagi, karena memelihara kucing tidak mudah, Kucing tidak dapat di produksi masal, tingkat kematian bayi kucing tinggi di Indonesia dan baru sekitar 1 -2 % orang yang punya kucing ras di Indonesia. Mungkin dari pecinta kucing di Indonesia belum semuanya tahu 14 ras kucing yang sudah masuk Indonesia, karena sphynx yang sudah ada sejak th 2006 saja, setiap kali saya bawa ke pameran, masih banyak orang yang menanyakannya.

1. Kucing ras Persian
Untuk sejarah , standar dari kucing persia ini anda dapat baca Download di sini dalam berbahasa inggris :
Pada Blog ini saya lebih banyak membicarakan tentang sejarah di Indonesia dan tanggapan pribadi dari pengalaman saya mengembangkan kucing persia. Kucing Persia merupakan kucing yang cantik, Berbulu lebat, mempunyai karakter yang dekat dengan Manusia, bersahabat, Jadi tidak salah bila dikatakan kucing terpopuler di dunia, Pada cat show di Indonesia  juga hampir 90 persen pesertanya kucing Persia, dan biasanya juara2 pada cat show umumnya kucing persia, Ras kucing lain bisa menang melawan kucing persia bila memang sempurna sekali  kucingnya sesuai dengan  standart rasnya.

Didalam show tingginya penghargaan terhadap kucing persia memang pantas, karena selain dari profile yang harus bagus juga, diperlukan perawatan/grooming  yang terus menerus agar kucing persia kita tetap cantik dan kondisi rambut yang sempurna untuk show.

Jadi kalau anda memang punya waktu dan kemampuan untuk merawat rambut kucing secara terus menerus , saya menganjurkan anda untuk memelihara  kucing persia, Bila tidak sebaiknya anda memelihara ras lain yang lebih Mudah.

Banyak Pertanyaan ke saya, apakah saya mampu memelihara kucing ras lain bila saya sudah mampu memelihara kucing ras persia ? jawaban saya , Ya anda pasti Bisa.
Dari Pengalaman saya memelihara beragam kucing  ras,  Kucing Persia lah yang paling sulit, karena selain perawatan bulu dengan model hidung yang pesek, kucing Persia lebih rentan terhadap Flu.

Hal2 yang harus di perhatikan dalam merawat kucing Persia di bandingkan kucing ras berbulu pendek :
1. setiap hari rutin membersihkan mata kucing/ air mata, stain /noda yang menempel pada bulu
2. Setiap hari menyisir bulu kucing.
3. Untuk mendapatkan bulu yang sempurna, harus ada AC, kecuali bila anda tinggal di pegunungan yang sejuk.
4. pemberian vitamin bulu dan makanan yang mengandung protein tinggi untuk perawatan bulu.
5. kucing persia ini Mudah sekali terkena flu, jadi obat pilek dan peralatan treatment untuk pilek harus siap.

Jadi bila anda belum mampu atau siap memelihara bulu cantik kucing persia, jangan kaget kalau kucing persia cantik anda akan botak, rontok di penuhi scabies, jamur dan stain coklat  pada bulu kucing persia. saya pernah melihat kucing persia bicolor red white jadi seperti Calico (tiga warna) dengan banyaknya noda coklat pada bagian dada, yang tentunya membuat juri marah2. inilah Persia !!!! mau coba ? silahkan.

Dari Segi peminatpun, Kucing Persia paling banyak peminatnya, di Indonesia banyak breeder kucing persia , hampir 95%  peternak di Indonesia memelihara kucing Persia & Exotic ini.dan sangat mudah mendapatkan anakan kucing persia ini, dan dengan banyaknya peternak kucing persia , harga anakan kucing persia cenderung turun karena persaingan harga. tetapi untuk anakan kucing Persia yang berkwalitas tinggi, juga sangat susah dapatnya, jadi kalau memang anakan persia yang berkwalitas tinggi harganya bisa melebihi rp 15 juta /ekor karena sangat susah mendapatkannya.

Kucing persia Ini merupakan kucing hasil persilangan, jadi untuk mendapatkan kucing kwalitas sempurna sangat sulit, walaupun indukannya top show dengan top show , kadang2 anak yang di hasilkan lebih banyak yang pet quality atau Breed quality, jadi anda bisa bayangkan kalau salah satu induk pet quality, jangan mimpi untuk mendapatkan top show quality. Untuk kwalitas kucinglebih detail saya akan bicarakan pada halaman lain.
Selain itu dengan model hidung yang pesek, tingkat kematian bayi juga tinggi, umumnya pada umur dibawah 3 bulan, di karenakan terkena penyakit flu baik Induk atau anaknya. dari Induk bisa menularkan ke anak. Dan akan mengakibatkan kematian bayi dibawah 3 Bulan ( Fading Kitten).

2. Kucing Ras Exotic Short hair.
Kucing Exotic shorthair ini mulai kami perkenalkan di Indonesia th 2005, pada awalnya banyak keraguan dari Breeder di Indonesia untuk memelihara kucing Exotic Short Hair karena bulunya yang pendek seperti Kucing Kampung, dan ketakutan dari para breeder bila anaknya menyimpang hidungnya  akan seperti kucing kampung, hal ini pun terjadi di negara seperti Hongkong, tetapi pendapat itu berubah setelah banyak orang mengalami persoalan dalam perawatan kucing yang berbulu panjang , maka popularitas kucing exotic shorthair ini naik tajam, permintaan kucing Exotic short hair di kota Besar seperti Jakarta, bandung dan Surabaya hampir seimbang dengan permintaan kucing Persia, untuk negara seperti Hongkong, kucing Exotic lebih populer dari persia dan mungkin ini pun bisa terjadi pada beberapa tahun mendatang di Negara Kita.

Pernah melihat Boneka Garfield ? Boneka ini adalah perlambangan kucing Exotic short Hair

Kucing Exotic Short Hair secara umum mempunyai Karakter dan standart seperti kucing Persia, yang membedakan adalah panjang Bulunya, untuk standart kucing Exotic SH dapat  baca Download  di sini dalam berbahasa inggris.
kadang Kucing exotic ini disebut kucing persia untuk orang Malas.

Jadi bila anda menyukai profile kucing persia tetapi tidak terlalu suka dengan perawatan Bulu , kucing exotic ini merupakan pilihan. seperti juga kucing Persia, kucing exotic ini dekat dengan manusia. di beberapa organisasi dunia kucing exotic yang berbulu panjang disebut Persia, sedangkan di CFA disebut Exotic Long hair. Tujuan CFA untuk membedakan antara Persia dengan exotic Longhair adalah untuk pemurnian kucing Ras Persia. untuk perkawinan di CFA Kucing Exotic Long hair tidak boleh di Kawinkan dengan kucing Persia, sedangkan di organisasi lain , perkawinan itu tidak masalah.

Jadi sama seperti persia, kelemahan dari ras ini adalah Mudah terkena flu dan sering mengeluarkan airmata, tetapi perawatan bulunya lebih sederhana, kucing Exotic short hair ini lebih cocok untuk daerah tropis seperti negara kita di bandingkan kucing Persia yang berbulu panjang.
Berat Ideal untuk Kucing Exotic / Persian jantan adalah sekitar 4 -5 Kg sedangkan betina sekitar 3 - 4 Kg, Kadang saya sering mendapat permintaan Kucing Persia/ Exotic diatas 5 kg, saya biasanya menganjurkan untuk memelihara kucing Maine coon, karena kucing persia/Exotic yang kelebihan berat (over weight) pun kurang baik secara kesehatan, untuk mendapatkan kucing Exotic besar biasanya di turunkan oleh faktor genetik orang tuanya, tetapi untuk show yang dilihat adalah semua profilenya, jadi belum tentu kucing exotic besar menang dalam show, semua tergantung profile keseluruhan dari kucing tersebut.

3. Kucing Maine Coon.
Pada tahun 2007 kami mulai memperkenalkan kucing Maine coon. kami mengimpor anakan kucing maine coon dari Malaysia , Polandia, Denmark, dan Belanda. Pada awalnya banyak orang skeptis dengan kucing maine coon, pada saat kami memamerkan kucing ini , banyak pengunjung yang menyatakan, " Ah saya juga Punya Kucing seperti Ini di Rumah saya"  . kami maklum karena memang saat kecil , tampang kucing seperti kucing pet Persian, apa lagi saat itu masih jarang yang punya kucing Persian standar, sebenarnya walaupun penampilannya mirip, sebenarnya pada umur yang sama kucing Maine coon mempunyai berat 2 kali dari kucing persia seumurnya. Pada awal pertumbuhan kucing maine coon memanjang dan umumnya mulai melebar . Melihat kucing Maine coon  dari samping  seperti melihat Bentuk Singa. Informasi lebih detail untuk standart kucing Maine coon bisa dilihat di sini dalam berbahasa inggris.

Kucing mainecoon merupakan kucing ras terbesar, secara umum kucing maine coon standart  jantan beratnya antara 7 - 9 Kg, tetapi ada juga yang mencapai di atas 10 Kg , tergantung dari genetik kucing MC tersebut. Kucing ini awalnya banyak di pelihara oleh petani di Amerika untuk Menjaga gudang gandum dari gannguan tikus. Kucing ini lebih aktif dari Kucing persia, karena badannya yang besar kucing ini mempunyai kecenderungan tidak menyukai bila digendong, tetapi kucing ini mempunyai kemanjaan sepert kucing persia, Kucing ini lebih menyukai duduk disebelah anda dari pada di pangkuan , walaupun sudah dewasa, kucing ini masih suka bermain seperti anak kucing, melompat dan aktif. apalagi bila ada mainan atau gerakan yang baru di lihatnya, karena keanggunannya kucing ini disebut  " raksasa Anggun / Gentle Giant Cat, Buntutnya yang melambai, mengingatkan kita binatang Racoon, dan karena ditemukan di Kota Maine, USA, maka kucing ini dinamakan Maine coon. Kucing ini mempunyai kesehatan yang lebih baik dari Persia karena struktur Hidungnya yang berbeda, jika anda menyukai kucing besar, tidak pesek dan aktif , kucing Mainecoon merupakan pilihan. tetapi bila dirumah anda banyak pajangan seperti vas bunga, keramik, Patung , gelas decorasi sebaiknya jangan memelihara kucing ini. karena untuk melompat keatas  1 - 1,5 meter sangat mudah bagi Kucing ini.

Popularitas kucing maine Coon meningkat tajam akhir2 ini dan kebanyakan penggemar kucing Maine coon adalah laki- laki . Di Indonesia sudah ada lebih dari 5 peternak untuk kucing ini, dan Permintaan terus meningkat, setiap kelahiran selalu habis terjual, harga pasaran pun bervariasi tergantung parent stok dan mutu kucing, range harga berkisar antara 10 - 25 jt, untuk Indonesia harga pasaran kucing maine coon lebih baik dari kucing persia dan Exotic.

4. Kucing SphynxApakah ini Anjing atau Kucing ? , ih buntutnya kaya tikus !!! , kasihan sekali tampangnya !!!! kok tidak ada bulunya ? apa ada yang suka kucing tidak berbulu ?
- Ini Kucing bu karena suaranya Meong, kalau nanti suaranya gug gug gug  baru jadi Anjing.
Kucing Sphynx mempunya karakter yang aktif tetapi sangat dekat dengan orang, kucing ini sangat senang bila anda ajak tidur bersama di dalam selimut anda, karena tidak berbulu, kucing ini tidak tahan di dalam ruangan ber AC, dia akan kedinginan
Informasi penting ini dapat menjadi panduan bagi breeder/pemilik kucing untuk mengetahui tahapan normal perkembangan atau pertumbuhan kucing, serta apa yang sebaiknya dilakukan.

Pertumbuhan/perkembangan kucing dibagi menjadi 6 tahap seperti berikut ini.
Informasi penting ini dapat menjadi panduan bagi breeder/pemilik kucing untuk mengetahui tahapan normal perkembangan atau pertumbuhan kucing, serta apa yang sebaiknya dilakukan.
Pertumbuhan/perkembangan kucing dibagi menjadi 6 tahap seperti berikut ini.
Pertumbuhan/perkembangan kucing dibagi menjadi 6 tahap seperti berikut ini.
Hanya mengkonsumsi susu.
Interaksi sosial masih sedikit.
Distimulasi oleh induk.
Mata mulai membuka dan berjalan pada umur sekitar 14 hari.
Belum dapat mengontrol dan mempertahankan suhu tubuh.
Belum dapat menjilati/menyisir/grooming bulunya sendiri.
Yang harus kita lakukan :
Menyediakan nutrisi berkualitas baik untuk induk.
Anak kucing tidak terlalu banyak dipegang. Bila harus dipegang, lakukan dengan sangat hati-hati.
Sediakan lingkungan yang hangat, bersih dan aman
Jika induk mati/tidak mau mengurus anaknya, usap bagian anus dengan handuk/halus, basah dan hangat untuk merangsang buang air besar & kecil.
Mulai belajar makan makanan padat (basah), secara bertahap konsumsi susu berkurang.
Periode sensitif belajar sosialisasi dan status sosial. Pada tahap ini banyak kemampuan sosialiasi dengan manusia/hewan lain terbentuk.
Mulai dapat mengontrol kencing dan buang air besar.
Mulai belajar menggunakan kotak pasir/litter box.
Mulai tertarik dan bermain dengan benda tertentu.
Mulai dapat berlari dan memanjat.
Mulai dapat belajar sesuatu yang agak rumit.
Mencakar/menggaruk dan berbagai perilaku berburu/predator.
Warna Mata berubah.
Semua gigi susu telah muncul.
Dapat mengontrol dan mempertahankan suhu tubuh.
Mulai menjilati/menyisir bulunya sendiri.
Yang harus kita lakukan :
Menyediakan makanan berkualitas tinggi (khusus kitten) dan air minum segar setiap hari.
Banyak dipegang & diajak bermain dengan orang yang berbeda, baik wanita, pria atau anak-anak. Pada saat bermain dengan anak-anak harus diawasi.
Perkenalkan dengan kucing lain dengan hati-hati sambil memperhatikan keamanannya berikan hadiah atas perilaku yang baik terhadap manusia atau hewan/kucing lain. Hadiah bisa berupa makanan kecil khusus kucing atau berupa belaian.
Sediakan kotak pasir dengan pinggiran yang dangkal agar anak kucing mudah naik.
Bersihkan pasir/litter minimal 2 kali sehari. Gunakan pasir/litter tanpa pewangi.
Perkaya lingkungan hidup kucing dengan mainan, tempat mencakar/mengasah kuku, tempat untuk bermain & sembunyi.
Mulai dibiasakan menyikat/mebersihkan gigi.
Periksa telinga, gigi, kuku dan mulai biasakan disisir (mandi/grooming)
Dapat dilatih/dibiasakan menggunakan harness/tali agar mudah dituntun/diajak jalan-jalan. Tidak setiap kucing dapat menerima hal ini.
Dapat mulai dilatih untuk duduk, datang bila dipanggil, dsb.
Idealnya dilakukan pemeriksaan fisik pertama oleh dokter hewan. Pemberian obat cacing dan vaksinasi. Diskusikan program vaksinasi, nutrisi & kesehatan dengan dokter hewan anda.
Sebaiknya tidak menggunakan tangan atau kaki bila bermain dengan kucing, oleh karena itu selalu menggunakan mainan kucing untuk bermain. Penggunaan tangan & kaki dapat merangsang kebiasaan buruk pada kucing, seperti mencakar dan menggigit bila disodori tangan/kaki.
Makan makanan padat.
Terus belajar kemampuan sosial.
Sosialisasi bermain mencapai puncaknya.
Mulai belajar menghasilkan dan menghadapi konflik dengan kucing lain.
Pada tahap ini dapat terbentuk status sosial kucing yang berlebihan.
Terus menggunakan kotak pasir/litter box.
Eksplorasi lingkungan, memanjat lebih agresif.
Gigi susu mulai tanggal.
Yang harus kita lakukan :
Lanjutkan tindakan yang dilakukan pada tahap sebelumnya.
Kemungkinan mulai memerlukan kotak pasir yang lebih besar, (idealnya : ukuran panjang kotak pasir minimal, 1,5 kali panjang tubuh kucing)
Sediakan tempat untuk memanjat, biasanya sekaligus sebagai tempat untuk mencakar/mengasah/membesihkan kuku.
Lanjutkan pelatihan-pelatihan dasar.
Bila perlu, untuk mengontrol populasi, diskusikan dengan dokter hewan kemungkinan sterilisasi (spay/neuter : Jantan dikebiri, betina diambil rahimnya dan atau indung telurnya)
Pemeriksaan fisik oleh dokter hewan.
Ulangi vaksinasi.
Anak kucing yang tidak mendapatkan pengalaman sosial yang cukup pada periode sosialisasi awal memerlukan usaha lebih agar dapat mempunyai kemampuan sosial & adaptasi yang baik.
Merupakan lanjutan dari tahap sebelumnya.
Pada tahap ini terjadi kematangan seksual. Organ-organ reproduksi mulai berfungsi dengan aktif.
Sosialisasi bermain mulai berkurang.
Lebih suka menjadi subordinat kucing lain yang lebih besar, tetapi bisa menantang kucing tersebut untuk mendapatkan status sosial.
Dapat terjadi Spraying (kencing sembarangan, terutama sering terjadi pada kucing jantan). Hal ini berhubungan dengan perubahan hormon & status sosial.
Bila telah terbiasa berkeliaran di luar rumah, kucing akan berkeliaran lebih lama dan lebih jauh dari sebelumnya.
Yang harus kita lakukan :
Mulai transisi perubahan makanan dari makanan khusus kitten ke makanan untuk kucing dewasa (adult). Transisi dapat dilakukan pada umur 6-8 bulan.
Teruskan bermain dengan sistem hadiah/penghargaan
Hubungi dokter hewan bila ada masalah serius, terjadi spraying (kencing sembarangan) atau perilaku yang tidak seharusnya.
Kecepatan metabolisme mulai berkurang.
Mulai terjadi penambahan berat badan berlebihan/ kegendutan bila makanan & olahraga/ bermain tidak dikontrol.
Perkembangan sosial/sifat sempurna pada umr -3 tahun.
Sifat sangat dipengaruhi oleh genetik/keturunan dan pengalaman sosial pada tahap sosialisasi awal.
Mulai jarang bermain, tapi biasanya masih mau bermain biala ada teman atau mainan.
Bau urin/kencing kucing jantan berubah menjadi kuat.
Yang harus kita lakukan :
Evaluasi berat badan dan pemberian makanan setiap 3 bulan sekali.
Usahakan kucing bermain/olah raga secara rutin.
Lanjutkan bermaind engan sistem penghargaan.
Evaluasi ukuran litter box.
Vaksinasi rutin setiap tahun, sesuai rekomendasi dokter hewan.
Perhatikan kondisi gigi. Karang gigi sering terbentuk, terutama bila gigi jarang dibersihkan.
Penurunan nafsu makan sering terjadi
Penurunan aktivitas mengurangi interaksi sosial dengan pemilik atau kucing lain.
Yang harus kita lakukan :
Awasi nafsu makan dan jumlah air yang diminum. Hubungi dokter hewan bila ada penambahan atau penurunan konsumsi air dalam jumlah besar.
Pemeriksaan ke dokter hewan setiap 6 bulan sekali.
Tulisan pada halaman ini dari berbagai sumber, antara lain dari kucing.biz sendiri dan dari dompi.co.id, flamboyan.co.id, surabayacatlover.blogspot.com, kucingkita.com, dsb yang telah disempurnakan (diupdate) isi atau materinya.
Pertanyaan dan pernyataan seperti itu yang sering terdengar pada saat orang pertama kali melihat kucing Sphynx.
Saya pun sering membuat jawaban2  seperti ini :
- kucing ini semalam saya masukan ke air panas , kemudian saya angkat dan cabutin bulunya seperti ayam rebus bu, jadi bulunya bersih deh.
- Ibu sendiri kan cari suami yang bulunya sedikit ?

Dari survey yang saya lakukan, pada saat pameran 7 orang dari 10 orang pecinta kucing tidak menyukai kucing sphynx. dan 3 Orang yang menyukainya benar2 fanatik menyayangi ras kucing ini.

Akibat dampak dari tayangan TV dan nama Sphynx banyak yang berfikir bahwa kucing ini berasal dari Mesir,  sebenarnya kucing ini di temukan di Canada. karena perbedaannya kucing ini banyak di pakai di film sebagai binatang peliharaan penjahat atau kucing Jahat.

Bila kita sentuh badan kucing ini , kulitnya sangat halus seperti kulit Bayi, dan Panas badannya lebih panas dari kucing ras lain, ini merupakan mekanisme pertahanan kucing ini untuk menghangatkan badannya, karena tidak memerlukan AC, kucing ini sangat cocok untuk daerah tropis kita. satu hal yang perlu di perhatikan, jangan pernah menjemur kucing ini di sinar Matahari, kulitnya bisa mengering dan bahkan melepuh. dan kucing ini pun mudah bentol bila di gigit nyamuk. Perawatan kucing ini lebih sederhana , anda tidak memerlukan hair dryer untuk mengeringkan kucing ini setelah mandi, cukup dengan handuk. Kucing ras ini agak rentan pada saat berumur di bawah 3 Bulan, tetapi setelah melewati masa itu kucing ini mempunyai ketahanan tubuh yang baik, kucing ini mampu menarik perhatian pemilik dengan tingkahnya yang berbeda, bila anda menyukai keceriaan hidup setiap hari, dan senang dengan kucing  yang mempunyai inteligensia paling tinggi, kucing ras sphynx ini bisa merupakan pilihan. Sejak di perkenalkan di Indonesia tahun 2006, baru ada 2 peternak yang serius menjadi peternak ras kucing ini, cattery kami telah mengexport anakan kucing sphynx ke Malaysia dan Singapore dan cattery sphynx  kami cukup dikenal dengan kwalitas anakannya, kami telah mempunyai 3 anakan yang mendapat Gelar Grand champion di show international di malaysia dan indonesia.
standar kucing ini dapat dilihat di sini dalam berbahasa inggris.

5. Kucing Bengal
Pada awalnya ide untuk membuat ras Bengal berasal dari keinginan mempunyai kucing Hutan/ Macan yang dapat di pelihara di dalam Rumah, mereka mencoba menyilangkan Asian leopard cat dengan domestic cat, dan di dapatlah ras baru yang di sebut Bengal. Karena berasal dari kucing liar, kecenderungan kucing bengal bersikap sangat waspada terhadap orang baru dan Lingkungan baru. Tetapi dengan makin panjangnya generasi kucing Bengal saat ini karakter kucing ras ini sudah berubah dan sudah dapat di jadikan teman di rumah anda. Tentunya karakter induk pun harus dilihat karena dari pengalaman induk yang mempunyai karakter baik , menghasilkan turunan yang baik Pula.
Sebenarnya kucing Bengal telah mulai diternakan di Indonesia sejak tahun 2005, oleh pecinta kucing di Indonesia, Kucing tersebut di Import dari Australia, tetapi sayang nya suratnya tidak di Urus, jadi anak yang lahir tidak mempunyai pedigree, baru pada tahun 2009 ada beberapa pecinta kucing mulai mengembang biakan kucing bengal ini dengan mengimport kucing bengal yang berkwalitas, dan saat ini ada sekitar 4 peternak kucing bengal di Indonesia. menurut standart.  kucing bengal ini merupakan kucing ras yang mempunyai ukuran medium - besar sekitar 4 - 7 Kg. Kucing yang masuk ke Indonesia umumnya berukuran medium, tetapi di tahun 2011 ini kami mendapat pejantan dari USA yang berukuran besar 7,5 kg, yang mudah2an akan memberikan keturunan yang baik pada generasi kucing bengal selanjutnya di Indonesia. Standart Kucing bengal dapat dilihat di sini dalam berbahasa inggris.

Corak kucing bengal berbentuk spoted dan marble tabby, sedangkan warna umumnya silver, golden atau snow yang merupakan silangan warna yang berasal dari kucing siam. Bila anda menyenangi kucing hutan atau macan tutul , Bengal merupakan satu pilihan karena serasa memelihara macan jinak di dalam rumah.
Peminat Kucing Ini sangat tinggi di Indonesia, dan tentunya harga pasaran kucing bengal yang berkwalitas pun lebih tinggi di banding ras persia untuk Indonesia maupun International. Untuk Indonesia harga pasaran berkisar 15 - 25 jt

6. Kucing Scottish Fold
Pernahkah anda Melihat Burung Hantu ? Bila di Cermati muka kucing ini seperti muka burung hantu.
Kucing Scottish fold yang baik bermata bulat dan Besar dan daun telinga nya melipat menutupi lubang telinga, kucing Scottish fold ada yang short hair dan Long hair sedangkan telinganya ada yang melipat (Folded ear) dan Lurus ( Straight Ear ).
Untuk perkawinan Scottish Folded ear harus dikawinkan dengan scottish straight ear, karena bila sesama folded dapat mengakibatkan cacat genetik. dari perkawinan ini  umumnya anak yang dihasilkan separuh folded ear dan separuh straight ear.
standart kucing Scottish fold dapat dilihat di sini dalam berbahasa inggris.

Ukuran kucing Scottish fold medium - besar, karena merupakan hasil persilangan dari kucing Brittish short hair atau American short hair, umumnya kucing ini mempunyai sifat seperti kucing Brittish shorthair atau American short hair, kucing ini mempunyai karakter yang baik dan dapat berhubungan baik dengan hewan lain. kucing inipun sangat cocok untuk rumah kecil/ Apartemen  karena kucing ini mempunyai kecenderungan betah di dalam rumah. Di Indonesia ada 3 peternak yang mengembangkan ras kucing ini, karena sedikitnya peternak dan permintaan yang banyak harga kucing ini masih tinggi sekitar 12,5 jt - 20 jt tergantung kwalitas . Di CFA kucing ini bisa disilangkan dengan British shorthair atau American shorthair.

7. Kucing Ras Norwegian Forest.
Ukuran badan kucing Norwegian forest lebih kecil di Bandingkan Maine Coon, Standart Kucing Norwegian forest dapat dilihat di sini dalam berbahasa inggris. Saat ini ada satu breeder di Indonesia yang mengembangkan ras ini.

8. Kucing Ras American Curl.
Kuping kucing American curl berbenyuk terbalik keatas , kuping ini melambangkan Viking. standart Kucing American Curl dapat anda lihat di sini dalam berbahasa inggris. Saat Ini ada satu breeder yang mengembangkan kucing ini.

9. Kucing ras siamese
Kucing Siamese ada yang disebut Modern Siamese dan Traditional siamese, kucing Modern Siamese berbentuk ramping dan panjang sedangkan traditional siamese berbentuk bulat, untuk show hanya Modern siamese yang di akui di CFA, pada saat ini hanya ada 1 peternak yang mengembangkan kucing Modern Siamese di Indonesia.

Kucing siamese merupakan kucing interaktif, dia akan menjawab bila anda mengajak Bicara, kucing ini pun merupakan kucing aktif dan lincah, harga kucing Modern siamese masih tinggi di Indonesia berkisar antara 15 - 20 jt. Standart kucing siamese dapat anda lihat di sini dalam berbahasa inggris.

10 . Kucing ras British short hair
Kucing ras ini baru mulai di kembangkan di tahun 2011 ini, jadi harus menunggu anakannya di tahun depan. Standart ras ini dapat anda lihat di sini dalam berbahasa inggris.:

11. Kucing Ras Ragdoll
Kucing ras ragdoll sebenarnya sudah ada lama di Indonesia, tetapi tidak ada yang menternakan secara khusus sehingga banyak beredar kucing ragdoll non pedigree, baru pada tahun 2011 ini ada peternak yang mulai menternakan kucing ras ragdol ini, ciri khas ragdol adalah berbadan besar jantan bisa mencapai 7 kg, bermata biru cerah dengan bulu yang lebat, Sangat cantik sekali, warna yang umum adalah bicolor, point dan mitted.
standart kucing ras ini dapat dilihat di sini. Dan komunitas penggemar kucing ragdol di Indonesia di face book  kunjungi anda dapat mengunjunginya di sini
___________________________________________
Memahami Tahapan Pertumbuhan Kucing
Tahapan perkembangan kucing ini disusun oleh American Association of Feline Practitioner (AAFP), sebuah organisasi yang beranggotakan dokter hewan yang spesialisasi pasiennya kucing atau yang sering menerima pasien kucing.

1. NEONATAL : dari Lahir - 2 minggu
Kondisi Normal pada tahap ini (dari Lahir - umur 2 minggu) :

Kondisi Normal pada umur 3 - 8 minggu :

3. SOSIALISASI AKHIR : umur 9 - 16 minggu
Kondisi Normal pada umur 9 - 16 minggu :

4. REMAJA/ADOLESCENCE : umur 17 minggu - 1 tahun
Kondisi Normal pada umur 17 minggu - 1 tahun :

5. DEWASA/ADULT : umur 1 - 6 tahun
Kondisi Normal pada umur 1 - 6 tahun :

6. ADULT SENIOR : umur 7 tahun ke atas
Kondisi Normal pada umur 7 tahun atau lebih :

Sumber:
http://ternakkucing.blogspot.com/
https://plus.google.com/