Tips dan Strategi Membuka Bisnis Warnet


A. Tips dan Trik Membuka Warnet
Usaha warnet adalah salah satu pilihan bisnis yang masih menjanjikan untuk beberapa tahun kedepan. Internet sudah menjadi satu kebutuhan yang tidak bisa dipungkiri lagi, internet sebagai pilihan terbaik untuk menunjang semua kebutuhan seperti, bisnis Anda, pekerjaan Anda dan bahkan hobby Anda. Maka dari itu sekali lagi kami katakan, bisnis jasa penyedia koneksi internet (warnet ) akan semakin dibutuhkan di masa-masa mendatang.

Ada beberapa orang yang masih mengalami kendala untuk memulai bisnis ini, dikarenakan keterbatasan pengetahuan akan teknologi komputer, keterbatasan pengetahuannya akan jaringan / networking sampai ke waktu yang cukup padat hingga tidak sempat untuk memulainya, yang pada akhirnya tertunda dan tertunda terus. Disini kami ingin memberikan sedikit Tips dan Triks singkat tentang bagaimana dan darimana sebaiknya kita memulai.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah :
1. Pasar, pastikan Anda menemukan satu tempat atau lokasi yang disitu memang masih jarang jasa internet ( warnet ) dan kebutuhan akan internet memang cukup tinggi, misalkan lokasi yang disekitarnya ada : perkantoran, sekolah, kampus dll.

2. Line Telepon, ini digunakan untuk memasang koneksi internet ( ex : SPEEDY ). Banyak daerah-daerah padat yang kesulitan untuk pemasangan line telepon baru dikarenakan jatah yang sudah habis, terminal yang penuh dan lain-lain. Jadi pastikan dulu point diatas terpenuhi.

3. Daya listrik, Kebutuhan daya listrik untuk bisnis ini tergolong membutuhkan daya listrik tinggi, minimal sekitar 2500 watt ( untuk 8 – 10 komputer ). Carilah informasi ke PLN, tentang prosedur dan harga untuk penambahan daya. Jika point ini sudah terpenuhi, silahkan lanjutkan ke step berikutnya.

4. Pemilihan warnet jenis game atau non-games. Pilihan ini yang menuntut kita untuk terjun langsung ke lapangan, dengan mencari informasi tentang jenis warnet apa yang sekiranya tepat untuk dibuka. Banyak kejadian dimana kita terlalu gegabah memutuskan untuk membuka warnet jenis games di daerah pemukiman padat ( Jakarta ), memang animo peminat cukup tinggi, namun dengan itulah biasanya kita terbentur masalah baru, seperti :
- Larangan orang tua kepada anak-anaknya.
- Masyarakat yang menegur kita, baik secara langsung maupun tidak langsung.
- Kesulitan untuk membuka warnet 24 jam dikarenakan lokasi yang berada di daerah pemukiman.

Agar terhindar dari masalah diatas maka lokasi seperti : ruko, kios, lokasi pinggiran jalan raya lah yang tepat. Berbeda dengan warnet jenis non-games, pilihan ini lebih ‘luwes’ dan fleksible. Karena tujuan kita membangun warnet tersebut memang untuk menyediakan fasilitas layanan internet di sekitar kita, seperti untuk penunjang para pelajar yang sebagian besar memang membutuhkan bahan pelajaran / tugas dari internet, bukan tempat yang hanya digunakan untuk bermain game saja. Tentu ini lebih banyak kandungan nilai positifnya. Banyak warnet jenis non-games yang bisa menjadi besar dan ramai. Adalah service dari warnet itu sendiri yang menunjang, pelayanan yang baik dan yang pasti adalah kecepatan koneksi, kenyamanan ruangan dan masih banyak lagi. Jadi untuk warnet jenis non-games ini kita bisa lebih mudah untuk penentuan lokasinya.

Untuk menunjang hal-hal diatas, kita memerlukan satu paket warnet yang bermutu dan berkualitas. Seperti :

1. Komputer : komputer yang akan kita pilih untuk setiap client haruslah memenuhi persyaratan yang baik, bukannya asal komputer yang penting murah. Komputer yang baik adalah komputer yang compatible dengan aplikasi-aplikasi baru sekarang ini. Komputer yang baik adalah komputer yang fisik dari hardware itu sendiri masih bisa bertahan minimal 4 tahun kedepan. Untuk hal ini, kami sudah memilihkan paket komputer yang memang recomended untuk diterapkan di warnet-warnet.

2. Bilik / Box / Meja Client : Adakalanya kita membutuhkan privacy kita dihormati. Sama halnya dengan warnet, berilah kenyamanan privacy kepada setiap client Anda saat bermain, berilah ruang yang sekiranya mereka bisa nyaman bermain, hingga akhirnya betah berlama-lama bermain. Bukankah ini akan berdampak baik untuk warnet yang kita kelola ?
Namun satu hal perlu diperhatikan, hindari pembuatan box / bilik yang 70% tertutup, hal ini untuk menghindari penyalahgunaan tempat. Dan yang terakhir adalah :

3. Service : service yang baik adalah warnet yang lengkap fasilitasnya. Warnet yang bisa menyediakan minuman dingin, snack, toilet bahkan mushola. Warnet yang menyediakan jasa : printer, scanner, cetak photo dan masih banyak lagi.
Dengan Point-point diatas, kami berharap warnet Anda bisa menjadi warnet favorite, menjadi warnet yang berkualitas.
Sekian Tips dan Triks memulai usaha warnet dari kami ( bisnis-warnet.com ), semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk semua pembaca. (http://bisnis-warnet.com/tips-memulai-usaha-warnet/)

B. Memulai Bisnis Unternet dengan Modal Sedikit Untuk Pemula
Memulai bisnis internet dengan modal cuman sedikit apakah bisa ? Kan harga domain mahal, belom lagi hostingnya, dan belom lagi biaya internetnya. Nah gimana tuh mas caranya dengan modal seminim mungkin tapi hasil lumayan dan tidak mengecewakan ? Yah kini saya ingin berbagi bagaimana menurut pengalaman saya yang merupakan salah satu blogger yang tidak modal  . Kalo Blogger lainnya tiap kali Kopdar bawa mobil dan sepeda motor kalo saya cukup bawa sepeda jengki atau jalan kaki bahkan naik angkutan umum sajakarena emang masih belom punya mobil ataupun sepeda motor  . Jangan malu dan ga usah gundah dan gelisah jika anda orang yang tidak berlimpahan harta dan pengen punya Blog serta ingin ikut serta dalam dunia Bisnis Internet. Bisnis Internet ga butuh modal banyak-banyak kok, asli saya udah membuktikannya  . Jika anda yang ingin memperbaiki ekonomi anda, bisa kok menggunakan sarana bisnis internet untuk menambah income bulanan anda. Dari pengalaman saya, saya awal-awal berbisnis internet cuman perlu modal Rp 200.000 saja untuk ambil paket 2 Bulan internet, 24 jam penuh mainnya di warnet. Modal Rp 200.000 itu juga dari saya yang pada waktu kelas 1 SMA sampai dengan kelas 2 SMA jadi sales Oriflame dan keuntungannya saya putuskan untuk menjadikan Investasi di Bisnis Internet. Apa saja sih yang anda persiapkan dalam memulai bisnis internet ? Mari kita bahas satu persatu.

Tips Memulai Bisnis Internet Dengan Modal duit dikit  :

Sebelum masuk ke dalam Dunia Bisnis Internet anda harus pikirkan matang-matang segala resiko dan semua halangan dan rintangan yang ada disana
.
Cari Ilmu dan Informasi sebanya-banyaknya bagaimana tata cara yang benar tentang berbisnis Internet.
Pakai Blog Gratisan di Blogger
.
Pakailah Dana yang tersedia secara Bijak.
Promosi Blog Lewat Iklan Baris Gratisan saja atau Tukeran Link atau bisa juga Blogwalking.
Ikutan Kontes-kontes Berhadiah

Simulasi Laba Usaha Warnet 1 Bulan :
Pemasukan
Sewa Internet : Rp. 9.000.000,00
Softdrink & Snack : Rp.   300.000,00
Total : Rp. 9.300.000,00
Pengeluaran
Bandwith : Rp. 1.700.000,00
Listrik : Rp.   800.000,00
Maintenance : Rp. 1.000.000,00
Gaji Operator : Rp. 1.500.000,00
Lain-lain : Rp.   200.000,00
Total : Rp. 5.700.000,00
Keuntungan
Laba Bersih : Rp. 9.300.000,00 - Rp. 5.700.000,00
: Rp. 4.100.000,00

Tahukah anda bahwa Usaha Warnet dan Games Online merupakan usaha yang menguntungkan dan bermanfaat ?? Mengapa demikian ?

Kebutuhan akan internet dan Games Online yang semakin besar dimana baru sebagian kecil dari penduduk di Indonesia yang telah menikmati internet dan diperkirakan kebutuhan internet dan games online akan semakin besar.

Semakin seringnya dan luasnya orang yang mengakses situs internet seperti facebook dan twitter baik muda maupun tua, sehingga kebutuhan akan internet dan warnet semakin pesat.


Pesaing yang masih sedikit terutama di daerah. Tingginya minat anak dan remaja di Indonesia untuk bermain bersama-sama dengan temannya di Warnet dan Games Online.

Munculnya warnet di suatu daerah akan memicu berkembangnya ilmu pengetahuan di daerah tersebut.

Cepatnya rasio balik modal untuk usaha warnet dengan sistem yang baik. Tidak semua orang bisa membuat warnet dengan baik karena itu tingkat persaingan masih kurang.

Karena itu usaha warnet adalah usaha yang menguntungkan & bermanfaat
Membuat Warnet Menjadi Lebih baik..!

Kalo pengalaman saya dulu yang mengambil duit Rp 200.000 dari hasil keuntungan dagang produk kecantikan Oriflame, saya ga mikir bahwa saya dibohongi dengan iklan dan informasi tentang bisnis internet yang saya baca dari salah satu teman chatting di mIRC. Pokoknya waktu itu saya udah yakin pasti dapat duit banyak padahal buat blog aja belom bisa. Mungkin saya setuju dengan cakwid bahwa untuk memasuki dunia bisnis internet harus siap mental. Kalo untuk postingan Mas Cosa tentang Modal dengkul sepertinya bukan untuk pemula lagi  tapi memang untuk para ahli tapi tidak punya modal sepersen pun.

Disini artinya adalah anda kumpulkan dulu ilmunya, baru deh berharap hasilnya. Kebanyakan orang sekarang mikir hasil dulu baru ilmu  jadi yah gitu deh, saat sudah tidak ada hasil mereka akan putus asa. Kalo dari pengalaman saya, dalam waktu 2 Bulan Nge-net tadi, 1 Minggu saya belajar masalah nge-blog di BLOGSPOT mulai dari cara nulis di blog, membuat blog, ganti template, naruh HTML, dan lain-lain. Ilmu Nge-Blog di Blogspot tadi saya dapatkan mulai dari gabung dan tanya-tanya di Forum Adsense-Id, baca-bacaCosaAranda.com dan dibantuin teman-teman. Untuk Minggu-minggu berikutnya saya fokuskan untuk belajar masalah menarik banyak pengunjung ke Blog kita dengan ilmu Seo, dan teknik lain selain seo yang bisa mendatangkan pengunjung.

Nah kalo anda pengen hemat biaya dan tanpa modal domain + hosting yah pake blogspot saja  . Dengan Blogspot Adsense lebih mudah di Aprove daripada make Website/Blog sendiri. Sedikit cerita saja nih, ada salah satu teman sekolah saya ingin ikut ke-Dunia Bisnis Internet. Dia ini anak orang kaya  , Ia ingin mulai bisnis internet dengan membeli hosting + domain langsung. Tidak main-main dia ingin beli Hosting dengan Space 10 GB + Bandwith 500 GB. Tapi entah saya ini teman yang baik hati atau teman yang jahat, saya berikan dia saran bahwa sebaiknya pakai Blogspot saja-lah atau pakai 000webhost saja sebagai hosting dan dia tinggal beli domain saja. Saran saya tersebut mempertimbangkan daripada dia membeli Hosting yang gedenya 10 GB space dan 500 GB bandwith mendingan duitnya ditabung untuk kebutuhan yang lain. Soalnya asli pemain yang baru memulai bisnis internet saya berani jamin ga mungkin langsung bisa menghabiskan disk space hosting sebesar itu, toh 000webhost saya kira cukup kok buat para pemula. Lewat perdebatan singkat dan cukup panjang akhirnya semua keputusan saya kembalikan kepada teman saya, kalo memang ada uang dan dia tidak merasa kehilangan ya saya silakan saja beli hosting segede itu, tapi jika tidak mending mikir-mikir dulu. Soalnya dia ini udah bikin blogspot dan diajukan ke adsense, gagal di aprove  takutnya Hosting yang segede itu terbuang sia-sia.

Saran diatas adalah untuk menyikapi semakin banyaknya entah itu les-lesan Bisnis Internet, Ebook bisnis Internet dan semua ilmu bisnis Internet yang diperjual belikan. Anda harus benar-benar tahu apa yang anda perlukan dan tidak anda perlukan. Jika modal dikit tapi anda menggunakan uang anda tidak secara bijak, untuk beli ini itu dan hasilnya adalah 0 (NOL) yah percuma saja. Kalo anda tanyai saya ebook apa saja yang saya beli ?? dan Les dimana agar bisa bisnis internet ? Saya sama sekali ga les dan ga beli Ebook apapun  saya cuman baca-baca di Blog Master, jika tidak ada saya cukup search di Google atau mesin pencari lainnya tentang istilah yang tidak saya ketahui dan jika masih tidak ada lagi  saya langsung message para master di Yahoo Messenger dan menanyakan masalah yang tidak saya ketahui tersebut  . Utamakan dana Anda untuk kebutuhan Internet saja jangan yang lain kecuali kebutuhan pokok anda  anda internet tapi ga makan ya lucu dong.

Nah daripada buang-buang duit untuk promosi Blog anda mendingan pake cara diatas yaitu lewat tukeran link, blogwalking sambil komentar dan ngiklan di situs Iklan baris gratis. Tapi ini khusus untuk Pe-Blogging bukan para pebisnis jual beli. Jika Pebisnis Internet yang Jual barang pake teknik ini saya kira tidak manjur  percaya ga percaya, emang itu sudah terbukti.

Nah yang satu ini emang patut dicoba. Setiap kali ada para Blogger yang adakan Kontes entah itu kontes review, SEO, bahkan comment, Ikut saja  karena saya dapat duit 1 jutaan sampe sekarang karena sering menang kontes ginian  . Lumayan kan  hehehe silakan dicoba deh. Bahkan Domain bayumukti juga hadiah Kontes dari Om brokencode
Apalagi yah ? saya sendiri bingung  kayaknya itu saja deh pengalaman dari saya  . Mungkin bagi para operator Warnet yang gajinya cuman 300-500 ribu saja, bisnis internet adalah solusi paling bagus untuk menambah income anda teman  . Bagi teman-teman yang punya solusi berbisnis Internet yang menghabiskan dana sedikit silakan di Sharing disini Thank You  (http://www.bayumukti.com/memulai-bisnis-internet-modal-dikit-untuk-pemula/)

C. Membangun Usaha Warnet yang Kompetitif
Usaha warnet sebenarnya cukup mudah untuk didirikan dan dijalankan. Betapa tidak, dengan membeli komputer, misalnya 10 buah, kemudian menginstalnya dengan software, lalu membuat jaringan agar komputer satu dengan yang lainnya terhubung, dan akhirnya mengalirkan koneksi internet ke jaringan tersebut, maka jadilah usaha warnet.

Untuk mengelolanya juga tidak diperlukan orang-orang yang mempunyai skill tinggi dengan gaji yang mahal. Cukup lulusan sma yang mengerti tentang komputer. Mungkin karena mudahnya, banyak orang yang berlomba-lomba mendirikan usaha warnet ini.

Jika kita melewati jalan-jalan besar dan disekitar jalan tersebut terdapat universitas, kos-kosan mahasiswa, atau perumahan padat,maka hampir dipastikan ada usaha warnet yang berdiri disitu. Jumlah dari usaha warnet itu tidak hanya satu, bahkan bisa lebih dari 3 untuk lokasi yang berdekatan.

Walaupun sudah ada tiga usaha atau lebih, tetap saja ada warnet baru yang bermunculan. Mereka bertarung untuk mendapatkan pelanggan yang sama. Selain dari pembuatannya mudah, trend teknologi sebenarnya juga mempunyai andil besar dalam pembentukan pasar dari usaha warnet. Komunikasi dan informasi tiada batas itulah yang ditawarkan internet.

Menjamurnya usaha warnet membuat persaingan semakin keras. Mereka bertarung tidak hanya dari sisi kenyamanan, spesifikasikomputer, dan kecepatan koneksi internet, bahkan dari sisi harga. Harga diturunkan sampai merusak pasaran untuk memancing pelanggan. Jika kita ingin bertahan, sudah selayaknyalah kitamembangun usaha warnet yang kompetitif.

Daunnet
Seperti warnet-warnet pada umumnya, daunnet juga menyediakan jasa internetan, chatting, browsing, printing maupun burning. Untuk menjaga pangsa pasarnya, daunnet memberikan keistimewaan bagi konsumennya, antara lain memberikan paketan. Sehingga Daunnet memiliki satu nilai plus di bandingkan dengan warnet yang lainnya.

Satu paketnya terdiri dari 3 jam dengan harga Rp. 5000,00. Paket ini berlaku mulai pukul 18.00 hingga pukul 24.00. Fasilitas lainnya adalah menyediakan up date antivirus gratis yang selalu di up date setiap harinya. Tempatnya nyaman, bersih dan ber AC. Daunnet juga menyediakan berbagai snack dan soft drink bagi para konsumennya.

Memiliki 10 komputer yang beroperasi, Daunnet buka setiap hari, buka mulai jam 08.00 hingga pukul 24.00, terdiri dari 2 shift. Setiap shiftnya berdurasi 8 jam, dikelola oleh 5 operator. Untuk access standar tarif yang dipatok Rp. 3000,- untuk setiap jamnya.
Untuk harga, printing per lembarnya Rp. 600,00  Burning Rp. 2500,00 per 1 keping CD. Harga soft drink berkisar antara Rp. 2.000,- hingga Rp. 2.500,00.
Semua warnet di jogjakarta pastilah menjadi pesaing bagi warnet ini. Akan tetapi jarang ada warnet yang memiliki paketan seperti yang di miliki oleh daunnet sehingga daunnet memiliki satu nilai plus di bandingkan dengan warnet yang lainnya.

Langkah Awal Membangun Warnet
Dalam membuat dan merencanakan usaha warnet, ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan utama.

1.    Pemilihan lokasi
Lokasi yang umumnya sangat strategis untuk usaha warnet/internet café dekat lokasi sekolah /kampus, atau dekat dengan pusat keramaian (tempat nongkrong). Sebagian pihak menyebut bahwa berlokasi dekat dengan kegiatan mahasiswa menguntungkan bagi Warnet. Alternatif pengunjung lain adalah kelompok pekerja. Lokasi sangat penting karena bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan usaha warnet ini.

2.    Jumlah komputer
Investasi komputer dalam jumlah banyak adalah faktor penting berikutnya. Selain tingkat utilisasi pemakaian koneksi Internet lebih tinggi, jumlah komputer yang memadai akan menghindarkan pengunjung dari menunggu terlalu lama atau meninggalkan Warnet. Konsekuensi jumlah komputer ini diikuti oleh investasi yang lebih besar untuk ongkos koneksi Internet.

3.    Komputer (Hardware & Software)
Untuk komputer (khusus untuk warnet), carilah komputer yang layak namun tidak mahal. Carilah sesuai spesifikasi dan kebutuhan yang pas karena di warnet pasti user yang datang hanya untuk sekedar browsing atau chatting. Untuk software gunakan yang asli.

4.    Network / Jaringan
Jaringan yang digunakan menggunakan topogfari jaringan type STAR. Untuk jenis networknya menggunakan jenis LAN (Local Area Network). Beberapa perlatan standar yang dibutuhkan  antara lain : HUB atau SWITCH HUB, 1 PC untuk dijadikan router , dan cable network (sebaiknya dibeli 1 rol untuk persiapan/penggantian kabel nantinya) , ethernet card atau sering disebut LAN card dan juga connector (RG 45).

5.    Biaya listrik
Biaya listrik per bulan ditentukan oleh kebutuhan listrik dari warnet tersebut. Untuk memperkirakan biaya listrik yang wajar tentu harus di analisa dulu seberapa besar kebutuhan daya listrik. Untuk 10 unit komputer, disarankan adalah minimal 6600 watt. Perkiraan biaya listrik untuk daya sebesar itu biasanya berada di kisaran Rp 900.000 s/d Rp 1.500.000 per bulan.

6.    Biaya koneksi per bulan
Pilihan koneksi sangat beragam dan bergantung kepada lebar bandwidth, media koneksi, kualitas dll. Lebih baik untuk menentukan dulu kebutuhan bandwidth anda baru berbicara biaya koneksi. Untuk mengetahui berapa biaya koneksi per bulan dapat dilihat dari situs-situs ISP di Indonesia.

Membangun Warnet yang Kompetitif
Yang menentukan adalah kemampuan manajemen warnet tersebut apakah bisa bertahan menghadapi persaingan. Persaingan di sini harus dilihat secara general. Saingan warnet bukan cuma warnet tetangganya. ISP juga saingan warnet, sebab ada produk-produk layanan mereka yang bersaingan langsung dengan warnet. PC/Notebook murah juga saingan warnet.
Kombinasi antara PC/Notebook murah dan Produk ISP yang murah atau akses Wifi gratis adalah ancaman yang nyata bagi keberadaan Warnet. Karena itu, warnet harus bisa menempatkan target pasar dan pelayanannya dengan tepat jika tidak ingin tersingkir dari persaingan.

Kesuksesan usaha warnet bisa dilihat dari tingkat okupansinya. Yang umum adalah 7 – 9 jam. Di bawah 7 jam maka warnet itu terhitung sepi. Sementara di atas 9 jam warnet tersebut terhitung ramai (sekali).

Jarang sekali ada warnet yang memiliki tingkat okupansi di atas 9 jam. Semakin dikenalnya teknologi internet oleh masyarakat umum, membuka peluang bagi warnet untuk terus berkembang.

D. Bisnis Warnet Game Online
Tetapi beberapa orang yang telah mencoba membuka usaha internet menemui beberapa kendala, hal ini dikarenakan untuk membutuhkan warnet diperlukan ilmu dan keterampilan yang memadai. 

Untuk itu kami dari Warnet Gue dengan manajemen lulusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan telah memenangkan penghargaan Wirausaha Muda Mandiri berniat untuk membantu anda dengan memberikan ilmu dan keterampilan kami agar investasi anda menguntungkan dan  tepat sasaran.

Harapan kami dengan kerjasama ini kita bersama-sama dapat meraih keuntungan sekaligus memajukan ilmu pengetahuan di Indonesia melalui warnet sebagai gerbang ilmu pengetahuan dunia.
1. Peralatan Komputer dan Furniture Berkualitas dan Telah Teruji
2. Teknisi yang Profesional
3. Training Pegawai 
4. Buku Panduan Teknis dan Administratif 
5.Tatacara Manajemen Pegawai
Sistem pengaturan pegawai mulai dari peraturan pegawai, tatacara pengangkatan pegawai, pemberhentian, sangsi dan sebagainya sehingga anda tidak kecolongan. 
6. Sistem Supervisor
Memiliki supervisor-supervisor yang bertugas untuk membantu anda mengawasi pegawai dan melihat kinerja warnet anda. Anda pun akan semakin dimudahkan. 
7. Harga Paket Warnet Yang Oke Murah dan Sesuai
8. Sistem Promosi (Memikat pelanggan yang banyak.)
9. Perekrutan Pegawai
10. Pemilihan Lokasi Strategis (sistem survey)
11. Sistem Keuangan dan Billing Warnet
Pengecekan akuntansi dan billing dengan fitur akuntansi yang mudah dibaca dan membantu anda membuat keputusan-keputusan penting dalam warnet anda. 
12. Game lengkap dan Update
Mengumpulkan game-game berkualitas dan update serta sistem update patch game yang memudahkan anda dan karyawan sehingga anda tidak kerepotan lagi.
13. Antivirus dan Software Keamanan Khusus Warnet
Pemilihan software antivirus dan keamanan untuk warnet anda.
14. Manajemen Koneksi Internet Agar Cepat
Menggunakan sistem bandwidth manajemen koneksi internet anda akan lancar dan cepat sehingga pelanggan akan puas dan menjadi pelanggan warnet. 
15. Sistem Penghematan Listrik
Dapatkan tatacara agar listrik anda dapat dihemat sehingga pengeluaran usaha anda akan berkurang yang pada akhirnya meningkatkan keuntungan anda.
16. 24 Hour CCTV System untuk keamanan dan pengawasan
Sistem keamanan CCTV 24 jam untuk keamanan dan pengawasan warnet anda sehingga anda bisa memantau usaha warnet anda setiap saat.

Catatan: Analisa harga peralatan, perlengkapan, dan biaya-biaya lain wirausaha / bisnis bisa berubah kapan saja seiring waktu menyesuaikan keadaan ekonomi setiap daerah.