Buka Usaha Kaus Tematik


Globalization without bali is just Glozation”. Anda mungkin akan tersenyum membacanya. Itu adalah salah satu plesetan kata yang tertera pada salah satu tema kaos Joger. Dan masih banyak lagi kalimat-kalimat yang tertera pada kaos yang membuat bangga bagi pemakainya. Kalimat lain seperti “VIP (Very Iseng Person)”, "Kalau anda suka joger, berarti anda waras, tapi kalau anda tidak suka joger berarti, anda lebih waras", "Cinta palsu hanya layak dibayar tunai dengan uang palsu!", dan masih banyak plesetan kata lainnya. Coba kita lihat outlet Dagadu di Yogyakarta atau di pabrik kata-kata Joger di Kuta - Bali yang selalu penuh dikunjungi penggemar. Bahkan mereka rela antri panjang untuk mendapatkan suvenir yang diinginkannya khususnya kaus unik berisi plesetan kata yang mereka inginkan. Penggemar kaos plesetan kata ini ternyata tidak hanya diminati kawula muda saja namun generasi yang lebih seniorpun masih menggemarinya. Selain konsumen yang berasal dari beragam segmen, tema-tema kaos tematik juga dapat berasal dari berbagai isu atau tema. Tema-tema religius seperti Aku Anak Sholeh, Allah Sedang Mengawasi Kita atau Do’a Adalah Intinya Ibadah, atau tema sains iptek dipakai seperti E=Mc2, Thomas Alva Edison Penemu Lampu Pijar, Aku Anak Jenius Tapi Sholeh dan masih banyak tema lainnya.

Kaos-kaos tematik ini memang banyak dicari orang karena keunikan dalam permainan kata atau sebagai salah satu suvenir yang menunjukkan bahwa seseorang telah berkunjung kesalah satu tempat. Prospek usaha kaos tematik ini memang prospektif karena pasarnya yang luas, siapapun bisa memakai kaos tanpa memandang usia. Salah satu kunci keberhasilan usaha kaos tematik ini memang harus kuat dikonsep tema yang akan diusung serta kreatif – inovatif membuat desain yang unik dan menarik konsumen. Sehingga meskipun saat ini sudah banyak produsen kaos tematik namun masih tetap terbuka peluang untuk sukses karena selama kita bisa menciptakan tema yang kreatif maka masih terbuka pasarnya. Proses pengerjaan kaos kreatif ini memang tidak terlalu susah baik dari desain hingga pembuatan kaos. Banyak aplikasi komputer yang dapat digunakan seperti Adobe Photoshop dan Coreldraw untuk mendesain grafis yang menarik. Atau bagi pemula yang kesulitan membuka usaha kaos tematik ini dapat melakukan outsourcing dengan menyewa desainer freelance untuk desain grafis. Untuk menekan ongkos desain kaos bisa menggunakan cara membayar ongkos berdasarkan desain yang terpilih untuk dicetak menjadi kaos. Sedangkan untuk proses produksi juga bisa mengalihdayakan dengan menggunakan jasa maklon sehingga pemula usaha tidak perlu mempunyai karyawan yang terlalu banyak  khususnya untuk produksi kaos.

Modal untuk memulai usaha ini tidaklah besar karena bisa memulai usaha ini dengan modal minimal sesuai dengan skala dan kemampuan keuangan yang dimiliki. Dengan memulai dengan 5 juta dapat untuk memproduksi kaos sekitar 100 buah, atau bila modalnya tidak cukup bisa memperkecilnya jumlah produski kaos yang dihasilkan. Ada beberapa tips lain untuk menekan modal usaha produksi kaos tematik ini yaitu dengan pre order yaitu hanya memajang desainnya saja baru kemudian memproduksinya setelah mencapai order minimal ke jasa maklon, namun cara ini juga ada kelemahannya yaitu waktu tunggu konsumen sampai menerima barang menjadi lebih lama dan menjadi kurang menguntungkan untuk membangun image usaha kepada konsumen. Cara lainnya agar stok persediaan tidak terlalu banyak adalah dengan memproduksi kaos dengan satu ukuran saja yaitu all size.

Pemasaran kaos tematik ini juga dapat dilakukan seperti usaha lainnya bisa dengan model off line atau online. Offline kita bisa membuka outlet sendiri baik dirumah atau menyewa lokasi yang strategis, namun dengan konsekuensi biaya sewa yang lebih mahal. Atau dengan memanfaatkan internet untuk membuka toko online yang biaya setupnya jauh lebih murah dibandingkan dengan sewa kios secara fisik. Untuk lebih menunjang kesuksesan usaha yaitu dengan menyebar brosur atau ikut pameran sehingga calon konsumen lebih mengenal produk kita.

Kendala dalam memulai usaha ini pada umumnya adalah masalah konsentrasi usaha atau fokus dari pemilik usaha karena banyak pula yang menjadikan profesi pembuat kaos ini sebagai pekerjaan sampingan. Meski sebagai pekerjaan sampingan namun keuntungan usaha ini juga cukup menarik banyak pihak untuk ikut menangguk untung untuk ikut terjun dalam bisnis kaos tematik ini. Dengan menggunakan jasa maklon kisaran ongkos produksi perkaos antara Rp 40 – 55 rb/kaos. Kaos unik ini kemudian dapat dipasarkan dengan harga antara Rp 60 – 90 rb. Dengan margin keuntungan berkisar antara 20-30 % perkaosnya. Kendala lainnya yang harus diperhatikan adalah mengenai kualitas bahan, kebanyakan konsumen masih mengkaitkan harga dengan kualitas bahan kaos bukan pada tema unik yang menarik seperti yang tertera pada kaos. Sehingga ditakutkan konsumen menjadi kapok setelah membeli kaos tematik ini kemudian kecewa karena kualitasnya kurang bagus, maka kualitas produk harus dijaga termasuk kualitas hasil sablon yang tetap awet.

Jasa Maklon:
nohanshirt.com/2011/04/makloon-jahit-kaos-dan-sablon-kaos.html

alwan (085314943359)
jl kiastramanggala no 19 baleendah Bandung

Pak Jul
Komp. Premi no.2 Jl. KH Wahid Hasyim Cipadu – Tangerang
HP:081316599565