Home » » Bisnis Usaha Lapangan Futsal

Bisnis Usaha Lapangan Futsal


Usaha futsal memerlukan beberapa persiapan untuk memulainya.  Persiapan ini pada dasarnya merupakan langkah-langkah awal sebelum memulai usaha futsal agar teridentifikasi kebutuhan mendasar  yang diiperlukan baik dalam rangka penyediaan lahan, modal invesatsi, maupun pemenuhan bahan baku aupun peralatan.  Beberapa hal yang perlu dipersiapkan segala sesuatunya adalah sebagal berikut:

1. Tentukan Luas lokasi yang ingin dijadikan usaha membuat lapangan futsal sesuaikan dengan jumlah lapangan yang ingin dibuat.
2. Tentukan anggaran yang diperlukan dalam membuat lapangan futsal.

Tentukan anggaran Yang diperlukan Dalam, cara membuat Lapangan futsal. Berikut contoh cara membuat anggaran Dalam, Lapangan futsal ukuran 25 meter x 15 meter (Awal Tahun 2008): ‘Lapangan: a. Rumput sintetis = Rp. 150.000.000 b. Vyneels = Rp. 170.000.000 1. Bola Futsal: 2 pcs @ Rp. 150,000 = Rp. 300.000 2. Rompi: 24 pcs @ Rp. 20.000 = Rp. 480,000 3. Lighting: 12 pcs @ Rp. 900.000 = Rp. 10.800.000 4. Tiang UNTUK Lighting: 6 pcs @ Rp. 450.000 = Rp. 2.700.000 Total Pembuatan lap. RUMPUT sintetis = Rp 164.280.000 Total Pembuatan lap. vyneels = Rp. 184.280.000 Keterangan: 1. Biaya Pembuatan Lapangan futsal Sudah Termasuk biaya RUMPUT, Gawang, jaring jaring Pengaman Gawang murah keliling Lapangan. Harga Sudah Termasuk biaya pemasangan. 2. Lighting memakai 350 watt Daya. Harga Sudah Termasuk Kabel murah biaya pemasangan. 3. Tiang lampu berukuran 1,25 inci Tebal DENGAN Tinggi 4 meter. Harga Sudah Termasuk biaya pemasangan tiang.

3. Persiapkan semua hal yang diperlukan dalam pembuatannya.
Berikut ukuran satu lapangan futsal:
Ukuran Umum: Panjang: 25 m – 45 m,  Lebar: 15 m – 25 m
Ukuran Internasional: Panjang: 38 m – 42 m,   Lebar: 18 m – 22 m
-   Lokasi dan bangunan. Menentukan pilihan lokasi dan tempat yang akan dijadikan tempat futsal, lokasi yang dekat dengan permukiman atau perkantoran member nilai tambah. Memilih lokasi dan tempat lapangan futsal sebaiknya mempertimbangkan aspek kenyamanan, keamanan, dan tidak mengganggu orang­-orang di sekitarnya.  Jika mungkin pilihlah lokasi dengan luas yang memadai atau berukuran standar umum bahkan internasional.
-   Bahan Lapangan:  lantai semen (paling murah), ubin, parkit kayu,  rumput alami dan sintetis (lebih mahal)
-  Gawang, bola, kaos tim (sewa) dan peralatan untuk futsal lainnya. Mempersiapkan berbagai peralatan, perlengkapan, dan infrastruktur lainnya atas dasar prinsip kecukupan dan kememadaian kuantitas maupun kualitasnya.
-   Jaring : yang digunakan untuk pagar sekeliling lapangan
-   Kawat baja : yang digunakan sebagai tihang pada jarring
-   Cat putih untuk membuat garis pembatas lapangan dan lingkar lapangan.
-   Spon/busa digunakan kalau lapangan dekat dengan tembok untuk mengindari cedera pemain
-  Tempat menunggu (jangan terlalu sempit, agar konsumen puas atas pelayanannya). Untuk mendukung suasana di ruang tunggu dapat disediakan televisi sebagai media informasi dan sarana hiburan bagi para pemain/pengunjung.
-   Tempat parkir yang cukup luas (bila perlu gratis, biar banyak pengunjunggnya)
-   Agar tempat dan keberadaan usaha dan lapangan futsal selalu dapat diketahui orang atau calon penuna, maka pemasangan spanduk atau billboard di depan tempat futsal.
-  Jam, buku tamu dan peralatan pendukung lainnya. Sediakan pula informasi/majalah futsal atau bahan bacaan yang menghibur pemain/pengunjung.
-   Fasilitas hiburan seperti TV kalau perlu PS, Timezone, dll (sebagai hiburan untuk menunggu dan bermain agar terlihat eksklusif)
-   Berbagai kesiapan tempat dan peralatan futsal ditunjang pula dengan acara pembukaan (grand opening) dengan maksud agar tempat dan lokasi futsal yang ada lebih dikenal dan  dilirik banyak orang. Pada akhirnya pengguna dapat menggunakan lapangan futsal dengan berbagai fasilitas secara kontinu.  Dengan kondisi ini, usaha futsal yang digeluti banyak dikenal orang, digemari, dan usaha berkesinambungan dalam jangka pendek maupun panjang.
-   Berikan layanan yang memuaskan para pemain/pengunjung lapangan futsal agar mereka betah dan menikmati lapangan futsal sebagai arena bermain dan arena hiburan bersama.
4. Tentukan harga penyewaannya
Standarnya untuk lapangan futsal rumput sintetis, biasanya berkisar 130 rb keatas (outdoor) dan 170 rb keatas (indoor) dan juga untuk lapangan futsal beralas karet itu biasanya berkisar 70 rb keatas (indor). Sebaiknya survey dulu harga-harga sekitarnya supaya tercipta persaingan yang sehat.
5. Memperhatikan sirkulasi udara gedung dan lapangan futsal dengan cara mengusahakan sedemikian rupa agar saluran udaranya atau ventilasi udara relative cukup,  sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman dalam bermain futsal atau menikmati suasana.

6. Tentukan harga penyewaannya,, standarnya UNTUK Lapangan futsal RUMPUT sintetis, biasanya berkisar 50 rb – 140 rb keatas (outdoor) murah 190 rb keatas (indoor). Sebaiknya survei dulu harga-harga supaya tercipta persaingan Sekitarnya Yang sehat.

Catatan: Analisa harga peralatan, perlengkapan, dan biaya-biaya lain wirausaha / bisnis bisa berubah kapan saja seiring waktu menyesuaikan keadaan ekonomi setiap daerah.

0komentar:

Post a Comment